Atasi Bibir Kering Tanpa Lip Balm? Bisa? | Breaktime
Atasi Bibir Kering Tanpa Lip Balm? Bisa?
13.01.2017

B’Timers, memiliki bibir kering tidak hanya mengganggu penampilan, tetapi juga tidak jarang menyiksa, terutama ketika Anda sedang makan Anda akan merasakan rasa perih pada bibir saat membuka mulut. Tidak jarang kulit bibir Anda akan terkelupas dan menyebabkan luka di bibir. Hmm, mengesalkan sekali, ya?

Solusi termudah yang sering Anda temukan adalah dengan mengaplikasikan lip balm. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa penggunaan lip balm dalam jangka waktu yang lama justru dapat menyebabkan iritasi pada bibir Anda semakin parah? Pasalnya bahan-bahan penyusun dari lip balm justru menyebabkan lapisan pelindung dari kulit bibir Anda menghilang. Dan sebagai efeknya, bibir Anda tidak lagi memiliki benteng pertahanan untuk mempertahankan kelembapan bibir dari pengaruh lingkungan. Dengan hilangnya lapisan pelindung bibir, maka alih-alih membaik, bibir pecah-pecah Anda pun akan semakin parah.

Dan ternyata, terdapat berbagai macam cara alternatif yang dapat Anda gunakan untuk membantu mencegah dan mengobati bibir kering tanpa bergantung pada lip balm. Akan tetapi, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah, berhenti menjilat bibir Anda. Well, perlu diakui bahwa hal tersebut sangatlah susah untuk dihentikan. Bahkan dapat dibilang menjilat bibir merupakan sikap refleks ketika bibir Anda kering. Akan tetapi, berlawanan dari mitos bahwa  menjilat bibir dapat membantu meringankan bibir kering, hal tersebut justru akan memperparah bibir pecah-pecah Anda.

Atasi Bibir Kering Tanpa Lip Balm? Bisa? | Breaktime
Yuk, ganti lip balm dengan petroleum jelly!

Saat Anda menjilat bibir Anda, Anda tentu sempat merasakan bibir Anda menjadi lembap, namun sensasi tersebut segera hilang dalam waktu hitungan menit, bukan? Hal tersebut terjadi karena ludah Anda dapat menguap dengan cepat, dan di saat yang sama juga turut menghilangkan minyak pelembab alami pada bibir. Dan sebagai akibatnya bibir Anda akan terasa lebih kering dari sebelumnya.

Selain itu, hindari bernapas dengan mulut. Hal ini sangat lazim ditemukan bagi Anda yang menderita sakit flu atau hidung tersumbat. Dengan tertutupnya saluran pernapasan pada hidung, secara refleks Anda akan bernafas melalui mulut. Akan tetapi tindakan tersebut adalah langkah yang tidak bijaksana! Ketika Anda bernafas dengan menggunakan mulut, Anda justru akan membuat bibir Anda menjadi terasa kering dan dapat memperparah bibir pecah-pecah. Solusi yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan alat dekongenstan untuk melegakan hidung.

Untuk perawatan bibir kering, alih-alih menggunakan lip balm, Anda dapat beralih dengan mengaplikasikan petroleum jelly yang memiliki fungsi untuk melindungi sekaligus melembabkan bibir. Bibir Anda akan terasa lembab dan nyaman dan terlindungi dari paparan lingkungan yang dapat menyebabkan bibir kering. Selain menggunakan petroleum jelly, Anda juga dapat menggunakan solusi alternatif untuk melembabkan bibir, salah satunya adalah dengan menggunakan minyak almond atau minyak kelapa. Kedua minyak alami tersebut dapat melembapkan bibir dan membuat bibir terasa lembut dan fleksibel. Mereka juga memiliki zat yang mencegah iritasi, terutama pada minyak kelapa yang berfungsi untuk mengurangi rasa sakit sehingga sangat sesuai bagi Anda yang ingin menjaga bibir lembap sekaligus sebagai bentuk perawatan terhadap bibir kering.

Metode alternatif lain yang dapat Anda gunakan untuk melembapkan bibir tanpa menggunakan lip balm adalah dengan menggunakan cocoa atau shea butter. Kedua mentega tersebut memiliki fungsi melapisi dan memerangkap kelembapan bibir sehingga dapat melindungi bibir Anda dari resiko bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Cocoa dan shea butter ini juga berperan sebagai tabir surya untuk bibir dengan kandungan antioksidannya yang mampu menangkal zat-zat radikal bebas yang dipancarkan oleh matahari sehingga bibir Anda akan terasa lebih segar dan lembap.

Semoga informasi ini membantu ya, B’Timers! (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE