7 Tips Kesehatan Menghindari Bau Mulut saat Berpuasa | Breaktime
7 Kiat Hindari Bau Mulut saat Berpuasa
05.07.2015

Selama bulan Ramadan, seluruh umat Muslim diwajibkan untuk menahan haus dan lapar. Namun, bukan dua hal itu saja yang menjadi rintangan. Masalah lain yang kerap dialami adalah nafas yang tidak sedap.

Untuk para pekerja, hal ini tentu bisa sangat mengganggu. Nafas yang tidak sedap dapat menurunkan kepercayaan diri, serta memicu rasa tidak nyaman dalam bersosialisasi. Hal ini tentu akan berdampak semakin luas, terlebih jika Anda diharuskan untuk bertemu banyak orang sebagai bagian dari pekerjaan Anda.

So, berikut adalah kiat-kiat yang bisa Anda terapkan untuk menghindari masalah yang satu ini:

  • Minumlah air yang cukup setelah berbuka puasa. Kurangnya asupan air dalam tubuh adalah salah satu penyebab bau nafas yang tidak menyenangkan. Anda disarankan untuk mengonsumsi segelas air setiap setengah jam (dari pukul 7 malam hingga 3 pagi) agar kebutuhan harian Anda terpenuhi.
  • Konsumsilah makanan sehat seperti sayur dan buah saat sahur. Sayur dan buah merupakan pembersih mulut alami yang bekerja untuk membersihkan plak dan sisa-sisa makanan, serta memiliki senyawa antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan mulut.
  • Hindarilah makanan yang meninggalkan bau seperti bawang-bawangan saat sahur. Jika Anda memang diharuskan untuk mengonsumsinya, maka kunyahlah potongan lemon dengan garam sebelum Anda tidur.
  • Bersihkanlah lidah Anda dengan alat khusus pembersih lidah. Lakukanlah sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang efektif. Hal ini bisa membantu Anda untuk menyeka bakteri biofilm, kotoran dan lendir yang bersarang pada lidah.
  • Sikatlah gigi Anda secara teratur sebanyak tiga kali sehari. Pastikanlah untuk membersihkan gigi dan gusi Anda secara menyeluruh.
Menyikat gigi adalah salah satu cara atasi bau mulut
Menyikat gigi adalah salah satu cara atasi bau mulut
  • Cobalah untuk membersihkan gigi Anda dengan benang. Lakukanlah hal ini setiap hari dengan menggunakan benang yang tidak berbau. Tujuannya adalah untuk mendeteksi area-area di antara gigi Anda yang sedikit berbau, sehingga Anda bisa fokus pada area-area tersebut.

Berkumurlah dengan pencuci mulut selama berpuasa. Hal ini bisa dilakukan selama Anda membuangnya setelah berkumur. Berkumur dengan pencuci mulut bertujuan untuk menjaga nafas Anda tetap segar. Selain pencuci mulut sintetis, Anda juga bisa berkumur dengan air cengkeh. Tambahkan empat cengkeh ke dalam dua gelas air panas, kemudian biarkanlah selama setengah jam. Gunakanlah air tersebut sebagai pencuci mulut sebanyak dua kali sehari selama berpuasa, dan berkumurlah selama 60 detik. Hal ini bisa membantu Anda untuk membunuh bakteri-bakteri yang bersarang dalam mulut.

Dengan kiat-kiat di atas, nafas yang tidak sedap kini bukan lagi menjadi alasan yang bisa mengganggu aktivitas Anda. Cukup mudah, kan?

Share This Article