Tips Kecantikan Untuk Masalah Makeup yang Mengganggu | Breaktime
7 Kiat Atasi Masalah Makeup yang Ganggu Penampilan
12.07.2015

Ada banyak masalah yang kerap dijumpai setelah mengaplikasikan makeup, terutama pada mereka yang belum tahu banyak mengenai produk-produk kecantikan ini. Dari alis yang tampak terlalu tebal sampai kilau pada wajah yang tak terkontrol, semua bisa terjadi.

Ingin meminimalisir masalah-masalah tersebut? Simak beberapa tips di bawah ini:

Alis tampak tidak natural

Ikutilah garis lengkungan alis untuk hasil akhir yang natural
Ikutilah garis lengkungan alis untuk hasil akhir yang natural

Untuk mendapatkan hasil yang natural, pastikan untuk mengikuti lajur rambut-rambut kecil pada lengkungan alis saat menggambarnya. Untuk menghindari tampilan yang terlalu berat, gerakkan siku saat Anda mengaplikasikannya. Cara lainnya adalah dengan menggunakan maskara khusus untuk alis. Maskara ini hanya akan menempel pada rambut-rambut alis tanpa mengenai kulit di sekitarnya, sehingga membuat tampilan alis Anda tampak lebih ‘nyata’.

Eye shadow tertabur hingga pipi

Gunakanlah makeup mata terlebih dahulu
Gunakanlah makeup mata terlebih dahulu

Jika Anda menggunakan eye shadow bubuk, maka akan ada kemungkinan sisa-sisa eye shadow jatuh ke area pipi nantinya. Untuk menghindarinya, aplikasikan makeup mata terlebih dahulu. Jika nantinya ada sisa-sisa eye shadow yang terjatuh, maka Anda hanya butuh satu sapuan ringan tanpa harus merusak aplikasi makeup yang lain.

Eyeliner tidak seimbang

Anda bisa memanfaatkan kartu nama untuk memuat garis yang rata
Anda bisa memanfaatkan kartu nama untuk memuat garis yang rata

Agar tampilan makeup mata Anda sempurna, ada baiknya untuk ‘memetakan’ garis eyeliner sebelum mengaplikasikannya. Tentukan titik-titik pada sudut luar mata untuk memastikan bahwa ekor eyeliner Anda akan jatuh pada tempat yang sama dan tampak rata. Anda juga bisa menggunakan isolasi bening atau kartu nama sebagai pembatas. Jika Anda masih melakukan kesalahan, maka gunakan kapas yang telah dicelupkan ke dalam petroleum jelly untuk mengkoreksinya.

Maskara mengenai kelopak mata

Aplikasikan maskara secara horizontal untuk bulu mata bagian atas
Aplikasikan maskara secara horizontal untuk bulu mata bagian atas

Ada kalanya maskara tertempel pada kelopak mata Anda setelah mengaplikasikannya. Untuk menghindarinya, Anda perlu melihat ke bawah saat mengaplikasikannya pada bulu mata bagian atas. Ulaskan secara horizontal saat Anda menggerakkan brush dari akar hingga ujung buku mata. Untuk bulu mata bagian bawah, ulaskan secara vertikal dan aplikasikan maskara dengan ujung brush.

Blush terlalu tebal

Hindari aplikasi blush yang terlalu tebal
Hindari aplikasi blush yang terlalu tebal

Blush dapat tampak terlalu merona dengan mudah, apalagi jika Anda mengaplikasikannya pada kulit yang lembap. Maka dari itu, pilih blush berbentuk krim untuk sentuhan akhir pada dewy makeup Anda, atau blush berbentuk bubuk untuk hasil yang lebih matte. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya secara merata agar tampak natural.

Lipstik tertempel pada gigi

Lakukan ini agar lipstik tidak tertempel pada gigi
Lakukan ini agar lipstik tidak tertempel pada gigi

Cukup mudah untuk menghindari lipstik Anda tertempel pada gigi. Setelah mengulaskan lipstik pada bibir, tempelkan jari telunjuk Anda pada mulut. Selanjutnya, lingkarkan bibir Anda pada jari sembari menariknya keluar dari mulut. Hal ini dapat menghapus lipstik pada bagian dalam bibir Anda yang memiliki potensi untuk tertempel pada gigi.

Kilau pada wajah

Blotting paper dapat membantu mengatasi kulit terlalu berminyak
Blotting paper dapat membantu mengatasi kulit terlalu berminyak

Ada beberapa cara mudah untuk menutupi kilau pada wajah tanpa harus mengaplikasikan lebih banyak makeup. Pertama, gunakan primer yang dapat mengontrol produksi minyak pada wajah Anda. Aplikasikan primer ini setelah pelembab dan sebelum foundation Anda. Jika wajah Anda tetap tampak berkilau, maka jatuhkan pilihan kedua pada blotting paper yang dapat menyerap minyak dan menghilangkan kemilau tersebut.

Share This Article