6 Hal ini Wajib Dihindari Sebelum Lakukan Facial | Breaktime
6 Hal yang Wajib Dihindari Sebelum Lakukan Facial
02.12.2015

Kulit wajah yang halus, cerah, dan segar, tantu menjadi dambaan tiap orang, terutama kaum wanita. Tak ayal, facial pun menjadi salah satu jalan untuk mendapatkannya.

Namun, ada 6 hal yang harus Anda hindari sebelum melakukan facial. Jika tidak, bukannya cerah, kulit wajah Anda malah merah dan meradang. Apa saja?

6 Hal ini Wajib Dihindari Sebelum Lakukan Facial | Breaktime
Wax sebelum facial akan menyebabkan iritasi pada kulit

Wax pada kulit wajah

Untuk terlihat cantik, tak sedikit wanita yang akan melakukan wax untuk menghilangkan bulu-bulu di wajahnya. Namun, melakukan wax 24 jam sebelum facial, malah akan mengiritasi kulit. Saat Anda melakukan wax, bukan hanya bulu-bulu halus saja yang terangkat, sel kulit paling atas pun akan ikut terangkat dan terjadi pengelupasan. Akibatnya, kulit menjadi sensitif dan mudah iritasi.

Berjemur

Facial memang dapat memperbaiki dan meremajakan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari. Namun, bukan berarti Anda bisa facial setelah berjemur. Facial yang dilakukan setelah berjemur dapat memperburuk kondisi kulit, termasuk keriput dan jerawat.

Suntik botox

Setidaknya, beri jarak dua hari untuk facial setelah Anda melakukan botox. Facial yang dilakukan 48 jam setelah suntik botox berisiko memindahkan cairan botox ke tempat yang salah. Jika dipaksakan, wajah Anda akan berbentuk tak beraturan akibat pijatan dan tekanan saat facial.

6 Hal ini Wajib Dihindari Sebelum Lakukan Facial | Breaktime
Facial setelah suntik botox bisa membuat bentuk wajah tak beraturan

Ekstensi bulu mata

Untuk menambah kelentikan bulu mata, tak sedikit yang memilih untuk ekstensi bulu mata. Namun, sebaiknya tak melakukannya sebelum facial. Lem yang digunakan untuk ekstensi bulu mata setidaknya membutuhkan waktu 48 jam tanpa digosok, terkena lotion, ataupun di uapi agar dapat melekat sempurna. Melakukan facial setelah ekstensi bulu mata, berisiko memisahkan bulu mata Anda dan bulu mata tambahan.

Kosmetik exfoliating

Bahan-bahan kosmetik seperti retinol dan asam glikolat akan membuat kulit menjadi sensitif karena berfungsi untuk mengelupas lapisan kulit terluar. Sebaiknya gunakan produk kosmetik berbahan lembut 3 hari sebelum melakukan facial. Menggunakan kosmetik exfoliating akan menimbulkan masalah baru pada kulit Anda.

Memencet jerawat atau komedo

Ketika jerawat dan komedo muncul, Anda tentu ingin segera menyingkirkannya dari wajah. Namun, jangan sekalipun menangani jerawat atau komedo Anda sendiri. Biarkan professional yang mengurusnya ketika perawatan facial Anda tiba.

Menghindari keenam hal tersebut, akan membuat wajah Anda terlihat cerah dan segar setelah facial. Untuk itu, cobalah menghindarinya sebelum facial, ya! (dfr)

Share This Article