5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah | Breaktime
5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah
10.04.2015

Apa sih, sulitnya membersihkan wajah? Hanya dengan guyuran air dan sabun pembersih, kulit wajah lebih bersih dan cerah bisa Anda dapatkan, bukan? Well, jangan salah, B’timers! Seringkali kita tidak menyadari sering melakukan kesalahan saat mencuci wajah dan justru mengundang berbagai jenis masalah kulit. Coba cek dulu, jangan-jangan hal di bawah ini pernah, bahkan sering, Anda lakukan.

Terlalu sering membersihkan wajah

5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah | Breaktime
Saat tidak menggunakan riasan, cuci wajah dengan air bersih pun sudah cukup

Buang jauh-jauh pikiran yang mengatakan bahwa semakin sering membersihkan wajah, semakin bersih dan halus kulit Anda. Sebaiknya, bersihkan wajah maksimal hanya dua kali sehari agar wajah tidak teriritasi dan hilang kelembapan alaminya. Jika Anda tidak sedang menggunakan makeup, tidak ada salahnya untuk sementara mengistirahatkan kulit Anda dari produk-produk pembersih berbahan kimia dan hanya menggunakan air untuk membersihkan wajah.

Salah memilih produk

5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah | Breaktime
Pembersih wajah yang tepat tidak akan mengangkat minyak alami kulit Anda

Hati-hati dalam memilih produk. Pembersih yang tepat seharusnya bisa mengangkat kotoran dan makeup, tanpa menghilangkan minyak alami serta sel sehat di kulit wajah Anda. Carilah produk yang water-based, soap-free, dan memiliki kandungan ‘ringan’ yang bisa membersihkan wajah sekaligus menutrisinya dengan baik.

Salah penggunaan air

5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah | Breaktime
Menggunakan air hangat untuk membersihkan wajah terlalu sering justru membuat kulit mudah berjerawat

Jangan salah mengartikan mitos bahwa air panas dapat membuka pori, sedangkan air dingin bisa menutup pori. Kenyataannya, terlalu sering mencuci wajah dengan air hangat justru bisa menghilangkan minyak yang akhirnya membuat kulit memproduksi lebih banyak lagi sebum. Artinya, Anda pun rentan terhadap serangan jerawat. Karena itu, lebih baik gunakan air dengan suhu normal saja untuk mencuci wajah.

Menggosok wajah saat mengeringkan

5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah | Breaktime
Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan wajah

Kulit wajah termasuk salah satu bagian kulit yang paling lembut dan sensitif. Menggosok wajah terlalu keras justru bisa merusak elastisitas kulit. Cukup tepuk-tepukkan handuk lembut pada wajah saat mengeringkannya. Jangan lupa, gunakan handuk khusus hanya untuk wajah dan jaga agar tetap bersih dan kering untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri.

Tidak langsung mengaplikasikan moisturizer

5 Kesalahan Dalam Membersihkan Wajah | Breaktime
Oleskan pelembap langsung setelah Anda mencuci wajah

Akuilah, sebagian besar wanita akan menunggu wajah hingga benar-benar kering baru mengoleskan pelembap. Padahal, waktu paling tepat untuk menggunakan moisturizer adalah sesaat setelah air ‘terangkat’ dari wajah, saat wajah masih dalam keadaan lembap. Saat ini lah pelembap akan terserap baik oleh kulit dan bisa bekerja secara maksimal.

Ternyata, cara mencuci wajah tidak bisa dianggap sepele, bukan? Jika pernah melakukan ‘kesalahan-kesalahan’ di atas, segera perbaiki sekarang juga. Lakukan cara tepat agar kulit wajah bisa bersih dan halus secara maksimal.

Share This Article