5 Hal Tak Terduga yang Bisa Picu Jerawat | Breaktime
5 Hal Tak Terduga yang Bisa Picu Jerawat
26.08.2015

Jerawat memang menyebalkan. Kemunculannya selalu bisa membuat penampilan ‘berantakan’, dan akhirnya Anda pun tampil kurang percaya diri.

Namun tahukah Anda bahwa jerawat tidak hanya muncul akibat pengaruh hormon, umur dan perawatan yang kurang telaten? Berikut Breaktime rangkum 5 hal yang bisa memicu munculnya jerawat pada wajah Anda:

Sisa produk perawatan rambut

produk rambut berlebihan juga salah satu pemicu timbulnya jerawat
produk rambut berlebihan juga salah satu pemicu timbulnya jerawat

Jika jerawat muncul pada dahi atau area-area di sekitar leher dan pundak, maka itu bisa saja terjadi akibat produk-produk perawatan rambut Anda. Hairspray bisa menyembabkan peradangan pada kulit. Oleh karena itu, semprotkanlah selalu dari samping dan jauhkan dari kulit Anda. 

Selanjutnya, sebaiknya cuci kembali wajah Anda setelah keramas untuk menghilangkan sisa sampo yang mungkin menempel pada kulit. Anda juga disarankan untuk mengikat rambut sebelum tidur agar minyak pada rambut tidak menempel pada wajah.

Bakteri pada handphone

Bakteri pada handphone bisa memicu timbulnya jerawat
Bakteri pada handphone bisa memicu timbulnya jerawat

Untuk yang memiliki jerawat di area pipi, Anda bisa mengecek handphone yang sering digunakan. Ada banyak bakteri yang menumpuk pada handphone Anda sepanjang hari. Selanjutnya, bakteri-bakteri ini bisa saja memiliki kontak langsung dengan kulit ketika Anda melakukan panggilan. Untuk menghindari munculnya jerawat akibat hal ini, Anda disarankan untuk membersihkan handphone secara rutin dengan pembersih yang mengandung zat anti-bakteri. Kemudian, mulailah menggunakan earphone saat melakukan panggilan.

Kekeringan saat Traveling

Jerawat tentu menghalangi penampilan Anda
Jerawat tentu menghalangi penampilan Anda

Traveling ternyata bisa menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat pada wajah. Udara di dalam pesawat biasanya bebas dari kelembapan dan terus bersirkulasi. Artinya, kulit Anda akhirnya harus memproduksi lebih banyak minyak untuk mengompensasi kekeringan di udara. Maka dari itu, selalu gunakan pelembap yang bebas dari minyak sebelum Anda melakukan check-in.

Baca juga: CINTAI RAMBUT SAAT BERLIBUR, INI CARANYA

Pengelupasan berlebih

Siapkan selalu face spray saat anda berpergian
Siapkan selalu face spray saat anda berpergian

Sesuatu yang berlebihan memang tidak baik, begitu pula dengan pengelupasan pada kulit. Anda disarankan untuk melakukan pengelupasan hanya dua atau tiga kali dalam seminggu. Pengelupasan yang dilakukan secara berlebihan bisa memicu perubahan warna, serta timbulnya noda dan jerawat.

Kotoran pada alat olahraga

Bersihkan peralatan-peralatan sebelum berolah raga, termasuk yoga mat
Bersihkan peralatan-peralatan sebelum berolah raga, termasuk yoga mat

Jika Anda berolahraga di gym, maka ingatlah selalu bahwa peralatan-peralatan yang ada digunakan bergantian oleh ratusan rang lainnya. Anda sebaiknya membersihkan peralatan-peralatan tersebut untuk menghindari penyebaran bakteri-bakteri yang bisa saja mengenai kulit. Hal ini juga berlaku untuk peralatan pribadi Anda seperti yoga mat.

Dengan mengetahui hal-hal di atas, setidaknya kini B’timers bisa mengurangi potensi munculnya jerawat pada wajah.

Share This Article