Yang Harus Anda Ketahui Dari Kecanduan Internet | Breaktime
Yang Harus Anda Ketahui Dari Kecanduan Internet
10.11.2016

Kecanduan internet—itu sebenarnya apa, sih? Anda mungkin telah sering mendengar kecanduan-kecanduan yang lain, seperti kecanduan minuman keras, kecanduan narkoba, kecanduan berjudi, dan sebagainya. Memang, dibandingkan tipe kecanduan di atas, kecanduan internet masih menjadi penyakit yang tergolong masih lumayan baru dan tidak seperti kecanduan yang lain, orang yang terkena candu internet cenderung terlihat seperti manusia-manusia lain pada umumnya.

Menurut K. Young dalam bukunya yang berjudul How to Recognize the Signs of Internet Addiction and a Winning Strategy for Recovery mengungkapkan bahwa kecanduan internet adalah sindrom kejiwaan yang ditandai dengan aktivitas penggunaan internet secara berlebihan dan yang bersangkutan tidak memiliki kemampuan dalam mengontrol penggunaannya saat online. Orang yang memiliki kecanduan terhadap internet memiliki tingkah laku yang kompulsif, dan menunjukkan ketidaktertarikan dengan aktivitas-aktivitas lain. 

Baca juga : SOSIAL MEDIA DAN INTERNET DAPAT HANCURKAN EMPATI MANUSIA, REALLY?

Beberapa faktor yang melatarbelakangi perilaku kecanduan internet menurut Young, Pistner, O’Mara dan Buchanan antara lain:

  • Kondisi Psikologis

Orang-orang yang terkena kecanduan internet pada umumnya menderita keadaan psikologis yang tidak seimbang, seperti terkena depresi maupun social anxiety sehingga dunia maya menjadi satu-satunya tempat pelarian yang memberikan keamanan bagi mereka. Orang-orang yang tidak terlalu pandai dalam berinteraksi di dunia nyata juga cenderung terjebak dalam perilaku ini dengan menjadi lebih aktif di situs-situs pertemanan atau situs chatting karena bagi mereka, berkomunikasi melalui dunia maya terasa lebih mudah dan menyenangkan karena mereka tidak harus berinteraksi secara langsung. 

Yang Harus Anda Ketahui Dari Kecanduan Internet | Breaktime
Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik!
  • Tujuan dan Waktu Penggunaan Internet

Faktor tujuan dan lamanya penggunaan internet untuk tujuan tersebut ternyata juga dapat menjadi penyebab seseorang terkena kecanduan internet. Sebagai contoh, orang yang bertujuan untuk mencari hiburan atau melarikan diri dari masalah-masalah yang sedang dihadapinya di dunia nyata memiliki potensi yang jauh lebih besar terkena candu internet dibandingkan dengan mereka yang menggunakan internet untuk keperluan belajar atau bekerja.

Hal tersebut dikarenakan pengguna internet yang memiliki tujuan untuk belajar atau bekerja memiliki motivasi yang jelas saat menjelajahi internet sehingga waktu yang mereka habiskan saat menggunakan internet mereka gunakan secara efektif. Bagi mereka, internet hanya sekedar sarana mencari informasi, dan bukan sarana untuk memberikan kesenangan.

Seperti sindrom penyakit mental yang lain, sindrom kecanduan internet ini ternyata memiliki tingkatan-tingkatan tertentu lho, B’Timers! Tingkat kecanduan internet dibagi menjadi 3 tingkatan yang dinilai dari keparahannya, yaitu

  • Kecanduan Internet Ringan: Apabila Anda menghabiskan waktu yang cukup lama di internet namun Anda masih dapat mengontrol diri Anda sendiri dalam penggunaannya, maka Anda tergolong pecandu internet tingkat ringan. Tidak perlu khawatir, karena tingkat ini adalah tingkat yang cukup normal dan merupakan ciri-ciri dari rata-rata pengguna internet
  • Kecanduan Internet Sedang: Pada tingkatan ini, Anda bisa jadi memiliki sedikit kesulitan dalam mengontrol penggunaan internet Anda, akan tetapi Anda masih dapat meletakkan prioritas Anda yang lain terlebih dahulu di atas keperluan berinternet ria. Bagi Anda, internet memang penting akan tetapi ia bukanlah hal yang terpenting dalam hidup
  • Kecanduan Internet Parah: Jika Anda tidak melakukan aktivitas-aktivitas lain selain duduk di depan meja komputer dan mengakses internet selama berhari-hari, ada baiknya Anda mengunjungi dokter yang terpercaya, karena Anda termasuk orang yang menderita kecanduan internet yang parah dan hal tersebut dapat mengancam kehidupan Anda sendiri.

Ternyata kecanduan internet juga sama mengerikannya dengan kecanduan-kecanduan yang lain. Yuk, mulai sekarang kontrol diri sendiri agar tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan internet. Ingat, seindah-indahnya dunia maya, Anda bernapas dan makan di dunia nyata. (dkp)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE