Wow, Mobil Tesla Bisa Pindah Jalur Sendiri! | Breaktime
Wow, Mobil Tesla Bisa Menemukan Area Parkir dan Pindah Jalur Sendiri!
15.10.2015

Kecanggihan teknologi tak hanya menyapa gadget, tapi juga kendaraan pribadi. Inilah yang dilakukan Tesla Motors saat meluncurkan Tesla Model S pada tahun 2012 lalu. Saat awal tahun 2015, mobil mewah ini mampu menempuh jarak 260 km dalam sekali charge dan dijual dengan harga 60.000 US dollar atau sekitar 780 juta rupiah.

Seiring berjalannya waktu, mobil ini terus dikembangkan hingga sanggup menambah jarak tempuh menjadi 407 km. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi regenarative braking, yaitu suatu fitur mobil listrik yang dapat mengisi ulang baterai pada saat di rem. Fitur ini akan bekerja otomatis saat pedal gas dilepas sehingga B’timers bisa mengendarainya dengan satu pedal saja.

Tak hanya itu, mobil listrik Tesla hadir dengan fitur sistem autopilot baru yang menjadikan kendaraan dapat berpindah jalur sendiri. Sama halnya dengan Mercedes, Audi, dan Volvo, sustem otomatis Tesla juga menjadikan mobil tetap berada dalam jalurnya dan menjaga jarak dari kendaraan di depannya, baik saat digunakan saat dengan kecepatan tinggi maupun melaju di jalanan lalu lintas kota.

Wow, Mobil Tesla Bisa Pindah Jalur Sendiri! | Breaktime
Mobil Tesla mampu berpindah jalur sendiri

Bahkan, mobil Tesla ini juga mampu menemukan area parkir sendiri dan melakukan parkir paralel yang cukup rumit dilakukan. Mobil ini menggunakan kamera dan sensor untuk memperingatkan pengendara bila terjadi risiko gangguan saat berkendara.

CEO Tesla, Elon Musk menyatakan bahwa fitur ganti jalur ini merupakan hal pertama yang dimiliki industri otomotif. Tak hanya itu, sistem yang digunakan Tesla ini juga tergolong unik lantaran mobil ini dapat secara konstan mengumpulkan data perjalanan pengendara dan datanya akan terus bertambah.

Sebagai contoh, sistem akan mencatat seberapa cepat pengendara dapat berkelok di jalan atau berhenti mendadak saat menemui rambu-rambu lalu lintas. Meski begitu, Musk menegaskan agar pengendara Tesla tidak terbuai dengan kecanggihan yang dimilikinya.

B’timers tetap harus meletakkan tangan pada setir secara ringan sebab alarm mobil akan berbunyi bila Anda melepaskannya. Untuk merasakan mobil yang sepenuhnya hands-free driving, agaknya Anda harus menunggu selama tiga tahun lagi.

Fitur terbaru autopilot update ini rencananya akan disematkan pada kurang lebih 60.000 kendaraan dunia, termasuk Model S sedan dan Model X SUVs. Para pemilik kendaraan yang berada di Amerika Utara akan mendapatkan software untuk meng- update sistem Tesla mulai hari tanggal 14 Oktober kemarin.

Apakah B’timers juga tertarik untuk memiliki mobil listrik Tesla dengan sistem terbaru ini?

Share This Article