Wow, Intel Serius Meluncurkan Jaringan 5G, Lho! | Breaktime
Wow, Intel Serius Meluncurkan Jaringan 5G, Lho!
23.02.2016

Jaringan internet tiap tahun selalu memberikan kabar yang baik untuk dunia. Setelah B’timers dimanjakan dengan jaringan 4G dan LTE yang memiliki kecepatan yang cukup besar, sekarang Anda harus bersiap untuk menyambut jaringan 5G.

Isu keseriusan peluncuran jaringan 5G terdengar pada Mobile World Congress 2016 di Barcelona tanggal 22 Februari 2016 silam. Hmm.. seperti apa ya tentang rencana jaringan 5G yang dibahas dalam kongres yang dihadiri beragam pemain besar dalam dunia teknologi ini?

Intel, selaku pemain terbesar dalam dunia teknologi, baru-baru ini merencanakan gebrakan baru dalam jaringan internet dengan mengusulkan jaringan 5G dalam Mobile World Congress 2016. Intel tidak akan sendirian bermain dengan jaringan 5G. Untuk mempercepat perkembangan riset dari jaringan 5G ini, Intel akan mengajak bekerja sama perusahaan manufaktur mobile phone terkenal, yaitu Nokia, LG, Ericsson, dan Verizon.

Wow, Intel Serius Meluncurkan Jaringan 5G, Lho! | Breaktime
Aicha Evans optimis terhadap jaringan 5G yang dikembangkan Intel

Dalam WMC 2016 yang diadakan di Barcelona, Aicha Evans, selaku corporate vice president and general manager dari Intel Communication and Services group, menjelaskan bahwa peluncuran jaringan 5G merupakan bukti kesiapan Intel terhadap perubahan signifikan dalam jaringan dunia. Maka dari itu, Intel membutuhkan Nokia untuk berkolaborasi pada teknologi radio 5G dan Ericsson untuk kolaborasi percobaan terkait jaringan 5G.

Alasan Evans menggaet beberapa pemain teknologi ternama adalah Intel berkeinginan agar dunia dapat lebih cepat dan lebih efisien dalam menerima dan menghadapi perubahan jaringan internet. Diharapkan dengan bekerja sama dengan Nokia, Ericsson, LG dan Verizon, mereka dapat menemukan platform yang tepat dan cara menghubungkannya pada jaringan 5G dengan lebih efektif.

Wow, Intel Serius Meluncurkan Jaringan 5G, Lho! | Breaktime
Sebagai perusahaan yang besar, Intel mengutamakan kerja sama dengan kolega lainnya

Sebenarnya Intel mencoba untuk meluncurkan sebuah tipe modem terbaru yang bisa mengatasi beragam tipe gadget yang terkoneksi, termasuk mobil hingga smart building. Namun, Intel merasa mempersiapkan peluncuran jaringan 5G adalah kunci utama dari perkembangan teknologi dunia saat ini. Sehingga Intel memutuskan untuk memberikan persiapan penuh pada jaringan internet sebagai bekal untuk gempuran teknologi di masa depan.

Evans menambahkan bahwa Intel perlu memastikan kerja sama yang dibangun antara mobile operators dan manufakturnya memberikan hasil yang memenuhi potensi yang diharapkan. Dengan begitu, Intel dan koleganya tetap dapat memastikan posisinya sebagai trendsetter sekaligus pemimpin dalam teknologi dunia.

Wah, sepertinya Intel benar-benar serius dengan rencana meluncurkan jaringan 5G-nya. Kalau Anda sendiri, sudah siapkah B’timers dengan kehadiran jaringan 5G di dunia? (ft)

Share This Article