Hebat Aplikasi Ini Bisa Tahu Arti Tangisan Bayi! | Breaktime
Wow, Hebatnya Aplikasi Ini Bisa Tahu Arti Tangisan Bayi
14.01.2016

Bayi yang baru lahir masih belum bisa mengutarakan keinginannya dengan baik. Satu-satunya cara berkomunikasi adalah lewat tangisan. Sayangnya sebagai manusia yang sudah dewasa, B’timers kurang bisa mengartikan apa yang sebenarnya diinginkan bayi melalui tangisannya. Eits, bagi B’timers yang masih bingung menerka-nerka makna dari tangisan bayi Anda, sudah tidak perlu repot lagi karena ada aplikasi yang bernama The Infant Cries Translator.

Hebat Aplikasi Ini Bisa Tahu Arti Tangisan Bayi! | Breaktime
“Kenapa kamu menangis, Nak?”

The Infant Cries Translator yang dikembangkan oleh National Taiwan University Hospital Yunlin mengaku mampu membedakan berbagai macam tangisan bayi hanya dengan merekamnya. Untuk membuat aplikasi ini, peneliti Chang Chuan-yu dan Dr. Chen Si-Da, mengumpulkan sekitar 200.000 jenis suara tangisan dari 100 bayi yang baru lahir. Riset yang memakan waktu selama dua tahun ini meliputi meng-upload tangisan tersebut ke dalam database online dan menganalisa frekuensi masing-masing tangisan bayi.

Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah dan bisa dipakai oleh siapapun. B’timers cukup menekan tombol recording selama 10 detik saat bayi menangis, lalu aplikasi akan meng-upload suara tangisan yang sudah Anda rekam ke dalam Cloud Drive. Melalui tangisan tersebut, aplikasi akan mencocokkan dengan database online selama 15 detik sebelum mengirimkan hasilnya kembali kepada Anda melalui ponsel.

Chang Chuan Yu menyatakan bahwa aplikasi The Infant Cries Translator mampu membedakan empat jenis tangisan bayi, meliputi lapar, mengantuk, sakit, hingga popok basah. Sejauh ini, berdasarkan timbal balik dari pengguna, telah dilaporkan tingkat akurasi mencapai 92% untuk bayi umur di bawah dua tahun, sedangkan untuk bayi berumur 2-4 tahun keakuratan mencapai 77%. Meskipun keakuratan aplikasi semakin melemah seiring dengan bertambahnya umur bayi, Chuan-yu optimis bahwa aplikasi ini sangat membantu bagi orang tua yang memiliki bayi baru lahir.

Hebat Aplikasi Ini Bisa Tahu Arti Tangisan Bayi! | Breaktime
Terima kasih sudah mengerti apa yang aku inginkan!

Idealnya, aplikasi ini memang untuk bayi yang berumur 6 bulan ke bawah karena database yang digunakan berasal dari bayi yang baru lahir. Tentunya sangat membantu bagi orangtua yang baru memiliki bayi pertama dalam keluarga, bukan? Untuk mendapatkan aplikasi ini, B’timers bisa men-download melalui Apple’s App Store dan Google Play di smartphone Anda. (ft)

Share This Article