Wow Google Bikin Desain Emoji Baru Khusus Wanita | Breaktime
Wow, Google Bikin Desain Emoji Baru Khusus Wanita
12.05.2016

Emoji sudah jadi bagian dari gaya hidup di era serba gadget ini. Ya, siapa yang bisa menghindar dari serangan gemas emoji warna-warni penuh ekspresi? B’timers bahkan bisa menggambarkan setiap mood yang dirasakan lewat berbagai varian emoji. Nah, kali ini pengalaman ber-emoji bakal jadi lebih seru lagi. Google tengah mempersiapkan konsep emoji baru yang bertema wanita, khususnya berfokus pada profesi dan hobi yang dijalani. Interesting, right?

Pada hari Selasa (10/5) kemarin, sejumlah karyawan Google mengajukan proposal satu set emoji baru tersebut kepada Unicode Consortium, Silicon Valley, bagian teknis yang khusus mengawasi pembuatan emoji baru. Ada 13 karakter emoji baru yang bertema “menyoroti keragaman karier perempuan”.

Wow Google Bikin Desain Emoji Baru Khusus Wanita | Breaktime
Varian emoji baru yang tengah dipersiapkan Google

Dalam proposal dijelaskan, emoji ini diyakini dapat memberikan semangat dan kekuatan pada wanita muda, yang merupakan pengguna emoji terbanyak. Emoji ini sekaligus merefleksikan pentingnya peranan wanita untuk kemajuan dunia.

Proyek ini sendiri dipelopori oleh empat karyawan Google, Rachel Been, Agustin Fonts, Nicole Bleuel, dan Mark Davis, yang juga merupakan co-founder sekaligus president Unicode Consortium.Diharapkan, proyek emoji ini bisa diluncurkan pada akhir 2016.

Wow Google Bikin Desain Emoji Baru Khusus Wanita | Breaktime
Apa profesi B’timers? Atau mungkin fresh graduate?

Sejak tahun 2011 di mana emoji mulai booming, Unicode sering menerima kritikan tentang kurangnya varian emoji mereka. Tahun lalu, consortium dengan resmi merilis emoji dengan gaya baru, yaitu varian warna kulit yang bisa dipilih sesuka hati, serta menambahkan simbol unik dan nyentrik seperti keluarga dengan jenis kelamin yang sama.

Namun, revolusi emoji tak berhenti sampai di situ. Saking populernya emoji, karakter emoji tetap perlu terus “berubah” dan ditambah variannya. Meski terkesan simple, namun konsep yang diusung untuk emoji cukup rumit, lho. Sebab, ada banyak sekali aspek yang harus dipikirkan untuk, termasuk soal gender yang akan diangkat jadi emoji.

Well, melihat varian emoji baru dari Google, rasanya imut dan menggelitik, ya? B’timers bisa memakai emoji yang benar-benar menggambarkan profesi, seperti dokter, perawat, ilmuwan, guru, bahkan musisi. Cute! (md)

Share This Article