Wow, Berita Hoax Ini Pernah Hebohkan Dunia! | Breaktime
Wow, Berita Hoax Ini Pernah Hebohkan Dunia!
20.03.2017

FUN FACT QUESTION

Jawaban Kamu Benar

Zaman dulu sudah banyak berita hoax



Ketika dunia teknologi sudah tak bisa lagi dicegah perkembangannya, semakin tak bisa dicegah pula dampak dari semua itu. Mulai dampak positif sampai dengan dampak negatif yang sepertinya sulit sekali untuk dipercaya. Melihat berita di akhir-akhir ini yang tersebar di media semakin banyak berita bohong yang begitu dipercaya oleh masyarakat. Hal tersebut sebenarnya bisa diatasi berdasarkan dari masyarakat sendiri yang seharusnya tidak langsung percaya dan bisa menyaring semua berita yang diperoleh.

Tetapi ketahuilah bahwa ternyata sejak dulu sudah nge-trend yang namanya berita bohong atau yang sekarang lebih dikenal dengan berita hoax. Bahkan berita-berita hoax jaman dulu lebih sulit untuk dipercaya dibandingkan dengan yang sekarang. 

Baca juga : SUDAH TAHU RAHASIA TAK TERDUGA DI BALIK WAKTU INI?

Di tahun 1950, Jean Shepherd memiliki ide untuk menyebarkan berita tentang sebuah novel hoax dalam acara radionya. Ia membuat berita hoax ini karena kunjungannya ke toko buku yang menunjukkan padanya bahwa kebanyakan orang hanya menjadikan buku sebagai bisnis dan terlalu buta untuk memberikan pendapat yang benar terhadap fenomena yang terjadi.

Ia pun memutuskan untuk membuat seolah-olah telah membaca sebuah buku yang paling laris berjudul Libertine dan ditulis oleh seorang penulis Frederick Ewing. Sampai akhirnya berita tersebut terbongkar. Justru sebuah percetakan memanfaatkan keadaan dengan meminta Shepherd dan Ewing untuk menulis buku yang sebelumnya tidak pernah ada.

Wow, Berita Hoax Ini Pernah Hebohkan Dunia! | Breaktime
Berita hoax paling menghebohkan dunia

Baca juga : CANGGIH, EARPHONE INI MENGERTI 30 BAHASA DUNIA!

Pernah juga terdapat sebuah tayangan yang menunjukkan keluarga di Swiss panen spaghetti dari sebuah pohon. Berita hoax ini begitu mendunia di tanggal 1 April 1957. Sampai akhirnya banyak sekali orang yang bertanya pada BBC, saluran berita yang menyiarkan hal tersebut, tentang bagaiman bisa spaghetti tumbuh dari pohon. Sampai akhirnya semua menyadari bahwa siaran tersebut merupakan peringatan April Mop. You need to see the date, dude!

Beda lagi di tahun 1983 dengan berita hoax yang menyebar seantero Jerman. Koran mingguan Jerman, Stern mengaku telah membeli jurnal pribadi Adolf Hitler. Jurnal ini dipercaya merupakan barang-barang yang dibawa di pesawat Hitler yang mengalami kecelakaan. Namun ternyata semua itu bohong, setelah diteliti. Jurnal tersebut tidak akurat dengan sejarah dan ditulis di atas kertas yang tidak tersedia ketika Hitler masih hidup.

Baca juga : WAH, TERNYATA BEGINI SEJARAH LAHIRNYA IPHONE!

Sampai akhirnya berita tersebut terbongkar. Buku harian itu ditulis oleh seorang penipu terkenal, Konrad Kujau. Ia pun dijatuhi hukuman 42 bulan penjara karena tuduhan pemalsuan dan penggelapan. Kasian sekali.

Makanya, B’timers jangan pernah sekali-sekali menyebarkan berita hoax. Jangan mudah percaya juga dengan berita yang belum tentu benar. Gunakan media sosial sebijak dan sebaik mungkin. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE