Ada Bunga Cantik yang Mekar di Luar Angkasa! | Breaktime
Wow, Ada Bunga Cantik yang Mekar di Luar Angkasa!
20.01.2016

B’timers, pernahkah terpikir bahwa ada bunga cantik yang mampu tumbuh dan mekar di luar angkasa? Meski sulit dipercaya, sekuntum bunga Zinnia ternyata berhasil tumbuh dan mekar di luar angkasa, lho! Astronot Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) dan Komandan Stasiun Antariksa Internasional Scott Kelly pun memamerkan gambar bunga pertama yang tumbuh tersebut.

Dalam akun resmi Twitternya, Kelly menulis “Bunga pertama yang tumbuh di luar angkasa tampil perdana!”. Dalam foto tersebut, warna jingga bunga zinnia yang ada di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS) terlihat begitu cantik.

Sebenarnya, bunga cantik ini bukanlah tanaman pertama yang berhasil tumbuh di luar angkasa. Sebelumnya, selada merah romaine juga pernah tumbuh di ISS. Menurut laman resmi NASA, kali ini bunga zinnia dipilh sebagai fasilitas proyek NASA Veggie karena dapat membantu para ilmuwan memahami bagaimana tanaman tumbuh dan berbunga di gravitasi mikro.

Ada Bunga Cantik yang Mekar di Luar Angkasa! | Breaktime
Bunga zinnia yang berhasil tumbuh di luar angkasa

Menurut Trent Smith selaku manajer proyek Veggie, zinnia sangat berbeda dari selada. Tanaman ini lebih sensitif pada parameter lingkungan hidup dan karakteristik cahaya. Durasi tumbuhnya pun lebih lama, yakni antara 60 dan 80 hari. Tanaman ini memang cenderung lebih sulit tumbuh dan membuatnya berbunga.

Namun, ia melanjutkan bahwa bersama dengan durasi pertumbuhan yang lama, zinnia tampil sebagai perkusor yang baik bagi tanaman tomat. Dua pekan setelah menanam empat bunga zinnia, astronot NASA lainnya Kjell Lindgren melihat ada air yang merembes dari daun-daun bunga jingga tersebut.

Menurut Smith, tingkat kelembaban yang begitu tinggi ditambah dengan permukaan daun yang basah, akan membuat daun zinnia mati dan ditumbuhi lumut. Sebelum kembali ke bumi pada tanggal 18 Desember kemarin, Kjell pun sempat menitipkan perawatan zinnia pada Kelly.

Namun, saat Kelly tiba daun zinnia sudah mulai membelit dan sebagian daunnya juga sudah mati. Lumut-lumut pun mulai menyebar di sekitar tanaman. Kelly segera memotong jaringan yang berlumut dan mencoba mengeringkannya dengan kipas angin. Selanjutnya, bagian yang berlumut tersebut disimpan dan akan dipelajari lebih lanjut di bumi.

Wah, keren sekali ya B’timers. Ternyata sudah ada dua tanaman yang berhasil tumbuh bahkan berbunga di luar angkasa. Kira-kira tanaman apa lagi yang kemungkinan bisa survive di luar angkasa, ya? (vsc)

Share This Article