Wow, 4 Unsur Baru Ini Melengkapi Tabel Periodik Kimia
Wow, 4 Unsur Baru Ini Melengkapi Tabel Periodik Kimia
19.01.2016

Masih ingatkah B’timers dengan pelajaran kimia SMA yang membahas tabel sistem periodik? Di zaman itu, mungkin Anda akan berlomba-lomba untuk menghafalkannya, bukan? Salah satu cara paling populer untuk menghafalnya adalah merangkai setiap unsur dalam golongan menjadi kalimat yang unik agar mudah diingat. It seems so nostalgic, right?

Nah, tahukah B’timers kalau hafalan lama Anda tersebut kini bisa jadi berubah? Sebab, kini tabel sistem periodik unsur (SPU) kedatangan empat anggota baru, lho. Yap, para pakar di International Union of Pure and Applied Chemistry (IUPAC) dengan gembira mengonfirmasi penemuan unsur nomor 113, 115, 117, dan 118.

Keempat unsur ini adalah unsur sintetis yang hanya dapat diproduksi di laboratorium saja, B’timers. Penemuan unsur 113 dilakukan oleh sejumlah ilmuwan di laboratorium RIKEN di Wako, Jepang, sementara unsur 118 ditemukan oleh para ilmuwan di laboratorium Nuclear Physics Accelator di Dubna, Rusia.

Sementara itu, unsur 115 dan 117 ditemukan dari hasil kerjasama peneliti yang sama ditambah dengan keterlibatan pihak the Oak Ridge National Laboratory di Oak Ridge, Tennessee. Sebenarnya, penelitian ini sendiri sudah dilakukan sejak lama, yakni mulai tahun 2007 hingga 2012. Bahkan, pihak RIKEN sendiri mengaku bahwa mereka butuh waktu tujuh tahun untuk menemukan unsur ke 113.

Tampilan Sistem Periodik Unsur (SPU) terbaru
Tampilan Sistem Periodik Unsur (SPU) terbaru

Namun, baru tahun ini empat unsur tersebut menempati posisi tetapnya di baris ketujuh dari tabel periodik. Alhasil, baris ke tujuh dari tabel SPU kini sudah lengkap. Wah, sepertinya B’timers perlu meng-cross check ulang hafalan lama yang sampai sekarang masih teringat jelas dalam ingatan, ya.

Uniknya lagi, keempat unsur yang baru ditemukan tersebut punya sifat dapat meluruh dalam hitungan detik saja, lho. Soal nama empat unsur baru tersebut, Kosuke Morita, selaku perwakilan dari RIKEN di Jepang mengungkapkan nama-nama sementaranya. Unsur 113 dikenal dengan nama ununtrium (Uut), unsur 115 ununpentium (Uup), unsur 117 ununseptium (Uus), dan unsur 118 unoktium (Uuo).

Wah, luar biasa sekali ya, kerja keras para ilmuwan dunia kita saat ini. Mereka tak pernah lelah menemukan banyak inovasi baru di bidang sains dan teknologi. Apakah B’timers juga terinspirasi untuk menemukan terobosan baru lainnya di bidang sains? (vsc)

Share This Article