Waspada Kejahatan Dunia Maya Saat Kencan Online | Breaktime
Waspada Kejahatan Dunia Maya Saat Kencan Online
23.01.2016

Valentine’s day sebentar lagi akan dirayakan oleh sebagian umat di seluruh dunia. Momen di mana setiap orang bisa menyampaikan perasaan cinta dan kasih sayangnya kepada orang terkasihnya menjadi hari yang paling ditunggu bagi para muda-mudi yang telah berpasangan.

Namun, bagi yang belum memiliki pasangan akan berusaha mencari pasangan melalui berbagai cara. Bisa dengan menyatakan cintanya kepada teman dekat yang sudah dari dulu dipendam, atau bisa juga melalui aplikasi online dating.

Waspada Kejahatan Dunia Maya Saat Kencan Online | Breaktime
Berkencan dengan dia yang jauh di sana tanpa tahu siapa dia sebenarnya

Kecanggihan teknologi bantu dapatkan pasangan secara online

Nah, aplikasi online dating semakin hari semakin marak penggunanya, contohnya Tinder dan Grindr. Melalui aplikasi ini, B’timers bisa menemui orang lain yang tidak dikenal sebelumnya, terutama lawan jenis, untuk bercakap hingga berkencan secara langsung. Hanya dengan bermodal foto yang good looking serta percakapan yang menarik, bukan hal yang tidak mungkin Anda akan mendapatkan pasangan melalui dunia maya.

Sayangnya, aplikasi online dating termasuk sering disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. B’timers tentu masih ingat beberapa waktu lalu terdapat berita di mana anak di bawah umur dibawa kabur oleh pria kenalannya di Facebook. Ada pula yang ditipu dengan membawa lari motornya setelah berkenalan dengan seseorang di media sosial, dan masih banyak lagi kasusnya.

Di United Kingdom sendiri, tercatat jumlah kejahatan berakaitan dengan aplikasi kencan online mengalami peningkatan sejak tahun 2014 dengan jumlah 204 kasus menjadi 412 kasus pada tahun 2015. Jumlah ini diperkirakan masih bisa bertambah karena ada sejumlah kasus yang tidak dilaporkan ke kepolisian setempat.

Waspada Kejahatan Dunia Maya Saat Kencan Online | Breaktime
Anda tak bisa membaca ekspresi serta niatan dia

Kita tidak tahu motif seseorang berkenalan dengan kita di dunia maya

Kasusnya bisa sangat beragam, mulai dari modus meminjam uang karena ada keluarga yang sakit hingga terjadinya pemerkosaan dari seorang pedofilia. B’timers pasti bertanya-tanya kenapa bisa terjadi penyalahgunaan seperti itu. Sebenarnya mudah saja, karena dalam dunia maya Anda tidak bisa mengetahui latar belakang lawan bicara Anda.

Meskipun aplikasi online dating sudah banyak menghasilkan pasangan yang langgeng, tidak ada salahnya B’timers lebih berhati-hati dalam penggunakan aplikasi tersebut. Hindari mencantumkan data personal di aplikasi tersebut, seperti alamat rumah, pin rekening bank, hingga nomor telepon.

Apapun yang ada di dunia maya bukan hal yang seharusnya Anda telan mentah-mentah. Carilah informasi sebanyak-banyaknya dari sumber terpercaya agar B’timers tidak mudah ditipu oleh para pelaku kriminal dunia maya. Lebih berhati-hatilah dan semoga Anda menemukan pasangan dengan jalan yang indah! (ft)

Share This Article