Wait, What? NASA Klaim Temukan Air di Mars? | Breaktime
Wait, What? NASA Klaim Temukan Air di Mars?
29.09.2015

Setelah 2 robot, Curiosity dan Opportunity melakukan penjelajahan dan menginformasikan lingkungan sekitar di Planet Merah Mars, banyak peneliti mengatakan bahwa tidak ada kehidupan di planet tersebut karena sangat tandus, kering dan gersang. Akan tetapi penelitian untuk membuktikan bahwa Mars dahulu pernah berpenghuni akhirnya sedikit terjawab.

Dengan mengambil dasar foto pantauan udara yang diambil dari atas, para ilmuwan yakin dan percaya bahwa memang ada air di Mars yang sekarang ini tidak diketahui keberadaannya. Keyakinan para pakar tersebut dikarenakan ada gulir-gulir alur air yang menuruni dinding-dinding curam lembah di Mars.

Walaupun para ilmuwan tidak yakin akan asal air tersebut, akan tetapi mereka sedikit berspekulasi bahwa air itu berasal dari es atau juga embun yang meleleh dan membentuk alur aliran air.

“Ada air di Mars dan itu terlihat di permukaannya. Dikarenakan hal ini, maka kemungkinan manusia untuk dapat menghuni planet tersebut juga sangat besar,” jelas Michael Meyer, pimpinan peneliti dari program penjelajahan Mars di NASA.

Dengan bukti alur di lereng tersebut, NASA meyakini bahwa memang di Mars terdapat air
Dengan bukti alur di lereng tersebut, NASA meyakini bahwa memang di Mars terdapat air

Hal senada juga diungkapkan oleh seorang peneliti dari Nasa lainnya, Jim Green. Dia berpendapat bahwa Mars bukanlah planet kering seperti yang anggapan sebelumnya karena ada air di dalamnya.

Beberapa tahun lalu, sebelum Curiosity dan Opportunity mendarat di Planet Merah tersebut, ada misi lain yang berhasil mengabadikan permukaan di Mars dan mengirimkannya ke bumi. Dari penelitian tersebut, para peneliti beranggapan bahwa dulunya Mars adalah planet yang berpenghuni dan memiliki kandungan air bahkan lautan melimpah. Sayangnya, semuanya menjadi hilang tanpa diketahui sebabnya dan menjadikan planet tersebut kering seperti sekarang ini.

Dari tahun ke tahun pembuktian bahwa Mars memang pernah memiliki air terus dilakukan. Bahkan hampir satu dekade, NASA Mars Global Surveyor terus mengambil gambar dari berbagai angle di planet tersebut.

Sayangnya, para ilmuwan masih ragu untuk memutuskan dari mana asal air tersebut
Sayangnya, para ilmuwan masih ragu untuk memutuskan dari mana asal air tersebut

Di tahun 2011 silam, ada foto yang menunjukkan bahwa sebuah guratan dan ulir seperti bekas air terpahat di sekitar batuan dan karang yang ada di planet tersebut. Berdasarkan hal inilah, penelitian akan ada tidaknya air di Mars semakin dikembangkan.

Untuk saat ini, para ilmuwan akan memberikan porsi fokus lebih terhadap penggalian asal air di planet tersebut dan bagaimana zat cair di Mars menghilang, jika memang ada bukti bahwa planet itu pernah memiliki air.

Jika saja memang terbukti bahwa di Mars memiliki kandungan air dan program pengiriman manusia ke sana benar-benar terjadi, apakah B’timers berkenan untuk pindah ke sana?

Share This Article