Wah, Ada Fitur Canggih untuk Antisipasi Macet! | Breaktime
Wah, Ada Fitur Canggih untuk Antisipasi Macet!
24.07.2016

Indonesia tak pernah lepas dari yang namanya macet. Terutama di kota-kota besar yang dipadati penduduk lokal maupun pendatang. Mau tak mau, kita harus hidup berdesak-desakan dengan ratusan ribu mobil di jalan untuk mencapai tujuan.

Namun, terjepit bukan berarti mati gerak. Karena polemik yang tiada hentinya inilah, kemudian muncullah sebuah penemuan keren yang digadang-gadang bisa mengatasi, atau setidaknya bisa sedikit menyelamatkan, kita dari penderitaan macet yang berkepanjangan.

Teknologi penemuan baru

Perkembangan teknologi benar-benar dimanfaatkan untuk mempermudah pengguna jalan dan dunia otomotif pada umumnya. Contohnya, sebuah aplikasi peta dan komunitas Waze yang kini beranjak canggih untuk membantu meringankan beban pengguna mobil. Ini adalah lanjutan dari versi 4.0 yang sudah diperkenalkan sejak Oktober 2015 lalu, Waze terbaru versi 4.3 mulai tersedia untuk pengguna iOS dengan fitur baru bernama Planned Drives.

Wah, Ada Fitur Canggih untuk Antisipasi Macet! | Breaktime
Fitur baru yang bisa diunduh di iOS

Fitur ini bermanfaat untuk merencanakan pertemuan atau perjalanan penting, baik hari ini ataupun minggu depan. Pengguna akan selalu tahu kapan harus berangkat. Masukkan waktu dan tanggal kedatangan, Waze akan merekomendasikan waktu yang tepat untuk berkendara.

Pengguna juga akan mendapat peringatan apabila sudah mendekati event yang sudah rencanakan. Uniknya, waktu keberangkatan selalu diperbarui sesuai dengan kondisi jalanan secara real-time, sehingga mempermudah pengguna atur waktu dan menghindari macet.

Wah, Ada Fitur Canggih untuk Antisipasi Macet! | Breaktime
Macetnya Jakartaku

Demi memaksimalkan waktu senggang, Planned Drives juga menyediakan rekomendasi grafis yang mengilustrasikan tingkat kemacetan tujuh hari ke depan. Waze mengalkulasi waktu keberangkatan terbaik dengan memperhitungkan kondisi jalanan berdasarkan algoritma, pengumpulan riwayat lalu lintas, serta analisis prediktif.

Wah, sangat membantu sekali ya, B’timers! Semoga membantu dan benar-benar efektif untuk mengantisipasi kemacetan di negeri tercinta. (nap)

Share This Article