Virtual Reality, Efek Negatifnya untuk Manusia | Breaktime
Virtual Reality, Efek Negatifnya untuk Manusia
27.04.2016

Apakah Anda pernah mendengar istilah VR sebelumnya B'timers? Virtual Reality, sebuah alat yang namanya kian melambung sejak awal tahun ini cukup banyak diminati orang-orang. Cukup banyak orang yang meminati teknologi yang satu ini. Bagaimana tidak? Anda bisa merasakan sensasi berpetualang secara nyata di dunia maya.

Dengan kehadirannya virtual reality banyak terjadi perubahan dari ruang lingkup manapun. Namun, tidak sedikit juga hal tersebut memberikan dampak buruk untuk seseorang. Penasaran dengan dampak buruk apa saja yang disebabkan oleh VR untuk manusia? Berikut penjelasannya:

Virtual Reality, Efek Negatifnya untuk Manusia | Breaktime
terlalu lama di dunia maya membuat Anda lupa dunia nyata

Banyak teknologi yang tergantikan

Poin ini bisa dibilang menguntungkan dan juga merugikan B'timers karena beberapa device akan benar-benar tidak digunakan lagi berkat kehadiran VR. Beberapa contoh device yang tidak akan digunakan lagi karena hadirnya VR adalah televisi, proyektor, monitor, karena device VR ini memberikan pengalaman yang lebih menakjubkan dibanding device sebelumnya.

Membuat orang makin malas

Terciptanya VR berawal dari ide pengembangan game yang ingin selalu diperbaharui. Sekarang ini sudah cukup banyak game VR yang dikembangkan. Bahkan ada yang mendidikasikan hidupnya untuk mengembangkan game khusus VR. Akibatnya adalah, bagi mereka para gamer atau bahkan penikmat teknologi akan semakin malas untuk melakukan kegiatan karena sudah dimanjakan oleh VR

Maraknya obesitas

Banyak kabar yang beredar tentang pertumbuhan berat badan tidak stabil yang disebabkan karena tubuh tidak bergerak namun konsumsi makanan tetap berlanjut. Nah, hal ini pun akan berlaku juga kepada VR B'timers. Dengan VR, Anda hanya perlu berbaring untuk memainkan game atau menjelajahi media sosial.

Maraknya disorder

Ini bisa terjadi apabila seseorang terlalu sering berada di dalam situasi yang seharusnya tidak ia tempati. Ya, terlalu lama di dunia virtual membuat seseorang menjadi nyaman berlama-lama di sana. Akibatnya, banyak orang yang mulai memiliki jalan pikiran aneh dan tidak menutupi kemungkinan juga untuk mengalami kepribadian ganda. Karena dimanjakan oleh teknologi yang memberikan pengalaman lebih saat menggunakannya.

Usia pendek

Terlalu lama berbaring, mengkonsumsi makanan cepat saji, dan tidak melakukan olahraga adalah sebuah proses penghancuran tubuh secara perlahan B'timers. Hal ini bisa terjadi apabila Anda terlalu terlena dengan VR dan terjebak di dunia maya. Oleh karena itulah, Anda harus berhati-hati apabila menggunakan teknologi baru. (wsu)

Share This Article