Lepas Nokia, Microsoft Kini Akuisisi LinkedIn! | Breaktime
Usai Lepas Nokia, Microsoft Kini Akuisisi LinkedIn!
07.07.2016

Microsoft baru saja kembali mencatatkan sejarah akuisisi terbesarnya. Usai melepas Nokia beberapa saat lalu, kini giliran jejaring sosial LinkedIn yang diakuisisi oleh perusahaan yang didirikan Bill Gates tersebut. Tak tanggung-tanggung, mahar yang harus dibayar Microsoft pada Jeff Weiner berjumlah sangat fantastis yaitu USD 26,2 miliar atau setara Rp 349 triliun. Wow!

Meskipun jejaring yang khusus ditujukan kepada para pekerja ini telah diakuisisi, namun LinkedIn tetap beroperasi seperti biasanya. Dalam pernyataan persnya, Microsoft menuturkan kalau Jeff Weiner tetap akan bekerja selaku CEO di LinkedIn. Selanjutnya Weiner akan memberi laporan kepada CEO Miscrosoft, Satya Nadella. Selain itu, Reid Hoffman pun masih tetap akan menjadi chairman di  LinkedIn.

Lepas Nokia, Microsoft Kini Akuisisi LinkedIn! | Breaktime
Jeff Weiner, CEO LinkedIn

Dalam pernyataannya, Hoffman menuturkan bahwa proses akuisisi itu akan menjadi sebuah momen yang baru untuk LinkedIn. Proses akuisisi ini akan memberikan kesempatan besar bagi pengguna akun jejaring social untuk dapat bekerjasama dengan Microsoft. Sementara itu, Nadella mengungkapkan kalau teknologi yang digunakan Microsoft juga akan membantu perkembangan LinkedIn. Mulai dari penggunaan Microsoft Office 365 sampai Dynamics.

Lepas Nokia, Microsoft Kini Akuisisi LinkedIn! | Breaktime
Satya Nadella (CEO Microsoft) dan Jeff Winner

Menurut catatan beberapa sumber, proses akuisisi terhadap LinkedIn ini merupakan proyek terbesar dalam sejarah Microsoft itu sendiri. Jumlahnya pun tiga kali lipat dibandingkan dengan dana yang digelontorkan Microsoft untuk mengakuisisi Nokia beberapa tahun yang lalu. Benar-benar menakjubkan ya, B’timers!

Sementara itu, aktivitas akuisisi ini merupakan akuisisi ke-196 yang telah dilakukan Microsoft. Dan, dari sekian banyak proses akuisisi yang dilakukan, tak semuanya memperoleh kesuksesan. Jika akuisisi Skype bisa dibilang sebagai salah satu bentuk kesuksesan, maka akuisisi terhadap Nokia boleh disebut menjadi borok tersendiri bagi Microsoft.

Well, kita lihat saja apa yang terjadi nanti ya, B’timers. Apakah usaha Microsoft merogoh kocek dalam-dalam untuk LinkedId tersebut worth it untuk kemajuan perusahaannya. (nap)

Share This Article