Uji Coba Teknologi di Piala Dunia 2018. Menguntungkan atau Malah Sama Aja? | Breaktime
Uji Coba Teknologi di Piala Dunia 2018. Menguntungkan atau Malah Sama Aja?
03.07.2018

Breaktime.co.id - Piala Dunia 2014 lalu adalah titik balik dari teknologi dalam sepak bola. FIFA sudah mulai mempercayai beberapa teknologi dalam event akbar tersebut. Tahun ini beragam teknologi mulai diterapkan kembali. Dari bola ber-chip hingga kamera wasit, semuanya mulai diperkenalkan dalam piala dunia tahun ini. Berikut ini beberapa teknologi yang diterapkan dalam Piala Dunia 2018, guys.

Video Assistant Referee (VAR)

Teknologi ini membuat wasit lebih teliti dan tidak dengan mudah menyikapi suatu masalah di dalam lapangan. Wasit bisa melihat tayangan ulang suatu kejadian yang telah terjadi sepanjang pertandingan. Dari mulai singgungan antar pemain sampai pelanggaran dalam kotak penalti yang biasanya menjadi kontroversi. Tapi walaupun begitu, VAR juga tidak bisa dibilang bebas dari kesalahan. Banyak kesalahan yang tetap terjadi walaupun ada VAR. Di level klub, Lazio adalah tim yang paling sering “ketiban sial” dari penerapan VAR dalam sepak bola. Dan di level Tim Nasional, beberapa hari lalu Maroko pernah tersisih dari fase grup karena gol di penghujung laga Spanyol dan wasit mengesahkan gol kontroversial tersebut walaupun sudah melihat VAR. Spanyol pun lolos ke fase gugur.

Telstar 18

Adidas kembali terpilih sebagai penyedia bola pertandigan Piala Dunia. Bola ini sebenarnya adalah sebuah bola yang di-desain ulang dari versi sebelumnya, Telstar Mexico 1974. Bedanya, Telstar 18 ini mempunyai tekstur, pola dan rangka yang berbeda dan lebih mutakhir. Nama Telstar sebenarnya adalah nama sebuah satelit yang mempunyai kepanjangan Television Star. Pada bola buatan pabrikan asal Jerman ini, chip NPC juga disematkan di dalamnya. Chip ini mampu mendeteksi gol, selain itu bola ini juga bisa melihat seberapa keras tendangan kita, seberapa cepat operan dan seberapa tinggi umpan lambungnya. Nantinya tim pelatih akan mengakses datanya dan memberikan statistik kepada manajer. Statistik tersebut bisa digunakan sebagai pertimbangan apakah pemain tersebut sudah bermain dengan baik atau tidak.

Big Bang Referee Watch

Jam keluaran Hubolt ini mempunyai kemampuan yang sangat canggih. Ia mampu menampilkan skor, pencetak gol, penerima kartu kuning, pemain pengganti yang masuk dan keluar dan juga mampu berinteraksi dengan garis luar lapangan. Versi jam tangan ini ada juga yang untuk komersial. Walaupun kemampuanya tidak selengkap yang dimiliki oleh wasit Piala Dunia, tapi 90% fungsinya tetap sama seperti yang dimiliki oleh Wasit.

Wah, semoga makin canggihnya teknologi ini bikin permainan sepak bola lebih fair dan bikin kita enak lihatnya :)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE