Trik-Trik Cerdas yang Bikin Anda Jadi Food Photographer Handal | Breaktime
Trik-Trik Cerdas yang Bikin Anda Jadi Food Photographer Handal
03.10.2015

Tren menggunakan kamera ponsel maupun DSLR untuk memotret makanan makin ramai dilakukan. Sepintas, memang sangat mudah sekali untuk melakukannya. Faktanya, dibutuhkan feel khusus serta teknik jitu untuk mendapatkan tangkapan yang pas. Nah, kali ini Breaktime akan membagikan sejumlah tips asyik untuk menjepret makanan dengan hasil mengagumkan:

Atur latar fotografi makanan

Simple but matters a lot, latar belakang yang bersih akan bikin foto makanan jadi menarik. Pilih latar simple nan plain yang tak akan men-distract gambar makanan. Selain itu, pilih plate yang warnanya kontras dengan makanan, namun masih tetap senada. Singkirkan pula benda-benda lain yang bisa mengurangi fokus gambar.

Temukan natural light yang tepat untuk menghasilkan food photograph yang cantik
Temukan natural light yang tepat untuk menghasilkan food photograph yang cantik

Atur pencahayaan

Gunakan natural light sebisa mungkin dan hal ini bisa didapat dengan mengambil gambar dari sudut yang dekat jendela besar yang tertutup tirai putih. Tirai tersebut mampu membuat cahaya berpendar secara alami.

Usahakan untuk tidak menggunakan flash karena efeknya bisa terlalu harsh untuk menangkap kelezatan tampilan makanan. Flash akan membuat foto makanan kelebihan cahaya dan menimbulkan pantulan jepretan yang cukup annoying and ruin everything.

Atur color balance

Pelajari dengan baik cara men-set color balance, terlebih Anda tidak bisa mendapatkan natural light. Gunakan white balance setting pada kamera atau adjust the color digitally later on. Skill ini akan menjaukan hasil jepretan dari efek yellow or blue cast yang bikin makanan tak yummy.

Jangan bergerak

Setelah didapat latar dan pencahayaan yang pas, jangan berganti posisi karena hal ini bisa membuat kamera menjadi blur. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan tripod untuk memudahkan proses pengambilan gambar.

Ambil gambar yang banyak

Jangan ragu untuk melakukan berkali-kali jepretan pada makanan yang dibidik dengan mengambil sisi angle terbaik. Anda bisa mengarahkan kamera down low untuk melihat sisi head-on.

Lakukan zoom in

Ambil gambar sedekat mungkin dengan menerapkan macro setting. Penuhi frame  dengan gambar objek yang akan diambil. Dengan begitu, orang yang melihat hasil tangkapan Anda seolah-olah mampu merasakan kelezatannya.

Perhatikan detail

The devils in in the details! Yap, perhatikan dengan seksama sisi plate and glass objek makanan yang akan diambil gambarnya. Bersihkan dari berbagai noda yang mengganggu gambar. Anda juga bisa menambahkan sauce dan garnish untuk menambahkan ketajaman warna.

Siapkah B’timers menjadi food photographer handal? Yuk, uji coba sekarang juga!

Share This Article