Tips Facebook Anti Dibajak a la Breaktime | Breaktime
Tips Facebook Anti Dibajak a la Breaktime
09.02.2016

Facebook merupakan salah satu media sosial terbesar dan terpopuler yang memiliki pengguna dari berbagai penjuru dunia. Di Indonesia sendiri, Facebook mulai booming tak lama setelah peluncurannya di tahun 2004. Bahkan, kepopuleran Facebook juga mengalahkan sosial media lain yang saat itu sangat digemari, Friendster.

 Sayangnya, media sosial milik Mark Zuckerberg ini, kerap menjadi sasaran hacker iseng. Sebagai pengguna aktif, Anda tentu tak ingin akun Facebook Anda menjadi sasaran hacker bukan? Oleh karena itu, coba tips Facebook anti dibajak a la Breaktime berikut ini!

Aktifkan notifikasi login

Facebook memiliki sistem keamanan khusus yang akan memunculkan pemberitahuan setiap kali seseorang mencoba masuk menggunakan user ID dan password Anda. Namun, Anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu agar pemberitahuan dapat dikirimkan ke nomor ponsel yang Anda masukkan. Cara ini, memungkinkan Anda untuk mengubah password secepatnya sebelum hacker berhasil mengobok-obok akun Anda.

Caranya, Pilih Menu Pengaturan pada panel kanan atas Facebook → Pilih Menu Keamanan → Pilih Pemberitahuan Login → Centang pada pilihan Anda → Klik Simpan Perubahan.

Tips Facebook Anti Dibajak a la Breaktime | Breaktime
Facebook memiliki fasilitas keamanan yang bisa Anda aktifkan

Periksa Sesi Aktif

Facebook memiliki fasilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengetahu lokasi dan perangkat yang digunakan. Jika Anda melihat ada lokasi atau perangkat asing yang masuk ke akun Facebook Anda, artinya akun sedang digunakan oleh orang lain atau hacker. Namun, Anda bisa menonaktifkannya dengan cara memilih option Keluar dari Perangkat dan mengganti password akun Anda.

Untuk mengetahui sesi aktif, Pilih Menu Pengaturan → Pilih Menu Keamanan → Pilih Sesi Aktif

Tips Facebook Anti Dibajak a la Breaktime | Breaktime
Facebook Anda akan lebih aman

Gunakan koneksi aman

Tips Facebook anti dibajak yang terakhir adalah dengan menggunakan koneksi aman. Pertama, hanya gunakan koneksi terpercaya seperti koneksi pribadi, melalui perangkat smartphone, dan WiFi kantor atau rumah. Kedua, jika terpaksa menggunakan koneksi publik, seperti di café, warnet, atau tempat umum lainnya, gunakan mode penyamaran pada web browser Anda. Mode penyamaran dapat menghindari penyimpanan data terkait yang bisa disalahgunakan hacker. Selain itu, pastikan Anda telah log out dari akun setelah selesai ketika menggunakan komputer bersama.

Tips Facebook anti dibajak ini, bisa Anda manfaatkan untuk melindungi akun Facebook Anda atau membagikan ke orang-orang terdekat agar akun Facebook mereka juga terlindungi dari ulah nakal hacker yang gemar memosting video dan gambar berbau pornografi. (dfr)

Share This Article