Tips dan Trik Mengatasi Laptop yang Overheating | Breaktime
Tips dan Trik Mengatasi Laptop yang Overheating
22.08.2016

Apakah Anda pernah merasa kebingungan ketikan laptop atau notebook Anda tiba-tiba sangat panas? Pastinya, ya. Laptop atau notebook yang mengalami overheating disebabkan oleh penggunaan secara maksimal. Selain itu juga hal tersebut dikarenakan oleh debu yang menutupi bagian dalam laptop atau notebook Anda. Lalu, bagaimana cara agar laptop tidak mudah panas? Berikut ini tips dan trik untuk Anda mengatasi laptop yang mudah panas.

Perbaiki pendingin dari dalam

Tips dan Trik Mengatasi Laptop yang Overheating | Breaktime
Bersihkan pendingin di bagian dalam laptop

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mengatasi laptop yang cepat panas adalah dengan membersihkan pendingin yang berada di dalam laptop. Pendingin ini lama kelamaan akan membuat tumpukan debu yang dapat menyumbat aliran udara.

Sebelum Anda membersihkan laptop, matikan perangkat, lepas baterai, dan lepas cashing laptop. Setelah itu Anda baru bisa mulai membersihkan pendingin laptop dengan menggunakan kuas atau sikat halus untuk membersihkan butiran debu yang tebal, kemudian gunakan kapas yang diberi beberapa tetes alkohol untuk membersihkan cashing dari laptop itu sendiri.

Letakkan laptop dari permukaan yang keras dan datar

Kebanyakan laptop menyedot debu dari bagian belakang yang menjadi letak pendingin udara. Jika laptop diletakkan di permukaan yang tidak rata seperti selimut, bantal, atau kasur, itu akan membuat aliran udara terganggu. Oleh karena itu, biasakan untuk meletakkan laptop pada permukaan yang datar dan keras.

Baca Juga: Tips Sederhana Agar Laptop Tetap Awet

Gunakan pendingin laptop

Pendingin laptop menjadi aksesoris tambahan untuk mendinginkan laptop Anda dari bagian luar. Namun, Anda juga harus memahami aliran udara yang masuk dan keluar dari laptop Anda ketika akan membeli pendingin laptop. Jika Anda tidak dapat memahami, maka pendingin laptop yang Anda beli tidak akan berkontribusi banyak untuk laptop yang mudah panas.

Itulah tips dan trik untuk Anda agar dapat mengatasi laptop yang mudah panas. Mulai sekarang coba lakukan perawatan yang benar pada laptop Anda, karena jika tidak maka akan merusak laptop Anda. Selamat mencoba. (vpd)

Share This Article