Tips Baterai Awet Android Cegah Mati Gaya | Breaktime
Tips Baterai Awet Android Cegah Mati Gaya
11.11.2017

Selama puluhan tahun industri teknologi telepon seluler, hingga saat ini sudah tidak terhitung berapa ratus smartphone berbasis Android yang kita temui di pasaran. Setiap smartphone menawarkan spesifikasi dan fitur-fitur yang kurang lebih sama. Let’s say, layar AMOLED dengan resolusi gambar yang tinggi serta berbagai macam fitur dan aplikasi “pintar” seperti sambungan wifi, GPS, dan lain sebagainya. Tapi sebagai gantinya baterai Anda jadi lebih mudah habis. Dan pastinya hal tersebut membuat Anda bertanya-tanya, “tidak adakah tips baterai awet Android?”

Baterai smartphone Android yang mudah habis adalah hal yang sangat wajar, apalagi jika Anda termasuk sering menggunakan smartphone Anda untuk berbagai macam keperluan. Dan BreakTime paham benar betapa menyebalkannya ketika smartphone Anda menunjukkan low battery sehingga mengakibatkan Anda mati gaya. Untungnya BreakTime punya beberapa tips baterai awet android yang bisa Anda coba. Makanya, simak terus artikel ini ya.

  • Gunakan Sambungan Internet Secukupnya

Kecuali jika Anda memiliki pekerjaan dimana Anda harus online 24 jam, maka sebaiknya Anda mematikan fitur wifi atau paket data saat Anda sedang tidak menggunakannya. Menggunakan sambungan internet undoubtly, bisa mempercepat habisnya daya baterai. Memang hal ini terlihat sepele dan seringkali luput dari ingatan kita. Tapi coba buktikan sendiri perbedaan yang terlihat ketika Anda menyalakan fitur Wi-Fi sesuai kebutuhan dengan membiarkannya menyala dan mencari sinyal internet terus menerus.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Huawei Mate 10 Spesifikasi Unggul Ponsel Terkini

Atur Brightness Layar Anda

Jika Anda tergolong ke dalam orang yang suka mengakses smartphone dengan setting pencahayaan full atau  menjalankan fitur auto-brightness, jangan heran jika Anda jadi sering mengisi ulang baterai. Semakin terang pencahayaan layar, maka akan semakin banyak pula energi baterai yang digunakan.

Tips Baterai Awet Android Cegah Mati Gaya | Breaktime
Sudah tahu tips baterai awet android ini?

Rajin-Rajin Menghapus Aplikasi yang Aktif di Background

Hayo, ada berapa banyak aplikasi yang biasanya aktif di smartphone Anda? Kebiasaan membiarkan multiple aplikasi aktif di background smartphone sering terjadi jika Anda termasuk orang yang gemar bermulti-tasking. Tapi tahukah Anda bahwa semakin banyak aplikasi yang aktif, semakin banyak pula energi baterai yang terserap?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kapan Nokia 7 Indonesia Meluncur?

Maka dari itu Anda wajib rajin-rajin mengecek dan menutup aplikasi-aplikasi aktif yang tidak Anda gunakan. Caranya tekan tombol multitasking yang biasanya ada di bagian sisi kanan dari smartphone Anda. Anda bisa memilih untuk menutup beberapa aplikasi yang tidak Anda gunakan. Atau Anda juga bisa memilih opsi “Clear  All” untuk menutup semua aplikasi tersebut.

Matikan Opsi Getar

Ketika Anda sedang menjalani wawancara kerja atau saat Anda sedang berada di tengah-tengah rapat penting, Anda pasti tidak ingin kan ringtone smartphone Anda berdering dengan kencang dan mengganggu konsentrasi orang-orang di sekitar Anda? Ratusan jiwa orang di dunia juga berpikiran hal yang sama sehingga mereka sering mengaktifkan mode getar pada smartphone mereka.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ketahui Berbagai Fitur Prima Nokia 7 vs Nokia 6

Tapi sebenarnya menggunakan mode getar bukanlah pilihan yang terbaik, karena itu bisa menguras energi baterai Anda. Dibandingkan dengan mengaktifkan mode suara, mode getar membutuhkan energi baterai yang sangat besar.

Sekali dua kali mungkin tidak masalah, tapi jika smartphone terus-terusan berada pada vibrate mode, dalam hitungan beberapa jam baterai smartphone Anda akan berkurang secara drastis. Solusi yang BreakTime sarankan sih sebaiknya pilih Silent Mode dan letakkan saja telepon pintar Anda di atas meja. Dengan demikian Anda bisa melihat pesan  atau panggilan penting yang masuk tanpa harus mengorbankan baterai Anda.

Nah, demikianlah 4 tips baterai awet Android. Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara supaya baterai smartphone Anda lebih awet. Semoga bermanfaat. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE