THREAD, Aplikasi Canggih Anti Pedofil | Breaktime
THREAD, Aplikasi Canggih Anti Pedofil
31.10.2015

Berkembangnya teknologi semakin membuat pedofil bebas bergerak dan mencari mangsa secara online. Tak sedikit anak yang tertipu dengan pelaku kejahatan seksual secara online dan berakhir tragis. Hal mengerikan ini tentu saja meresahkan orangtua dengan anak yang belum menginjak usia dewasa.

Begitu pula dengan Sonya Ryan, seorang ibu asal Australia. Kerisauannya akan keamanan anak-anak saat online membuatnya memiliki ide untuk memastikan anak tetap aman saat online. Sonya Ryan sendiri merupakan salah satu ibu korban pedofil.

THREAD, Aplikasi Canggih Anti Pedofil | Breaktime
Sonya mendirikan yayasan untuk mengenang putrinya

Pada 2007 silam, putrinya yang saat itu berusia 15 tahun menjadi korban kejahatan seorang pria paruh baya. Kala itu, Carly berkenalan dengan seorang anak laki-laki berusia 18 tahun bernama Brandon Kane. Keduanya sering mengobrol melalui aplikasi chatting selama 18 bulan, mereka pun memutuskan untuk bertemu. Malang bagi Carly, Brandon Kane hanyalah sebuah tokoh fiktif karangan pedofil paruh baya bernama Carl Francis Newman.

Newman mengajak Carly bertemu di pantai, menyerang dan melakukan kejahatan seksual padanya, kemudian membuang tubuh Carly ke laut. Atas kejahatannya tersebut Newman dijatuhi hukuman 29 tahun penjara tanpa pembebasan bersyarat.

Kejadian tersebut, menginspirasi Sonya untuk mendirikan Carly Ray Foundation yang aktif berkampanye untuk keselamatan anak ketika online. Yayasan ini juga berkerja sama dengan spesialis digital KOJO untuk membuat THREAD, aplikasi keamanan untuk anak-anak.

THREAD, Aplikasi Canggih Anti Pedofil | Breaktime
Tampilan aplikasi THREAD

THREAD menggunakan fitur GPS pada smartphone untuk memungkinkan para orangtua mengetahui lokasi anaknya dan mengetahui bahwa mereka baik-baik saja. THREAD juga dilengkapi fitur ‘Alert’ yang melakukan panggilan secara otomatis dan mengirimkan rincian lokasi pada orangtua. Aplikasi ini juga akan mengirmkan peringatan ketika pengguna tidak melakukan ‘chech-in’.

Untuk saat ini, aplikasi THREAD telah tersedia gratis di iOS dan Google Play, namun hanya untuk penduduk Australia. Semoga saja, perkembangan aplikasi pencegah kejahatan online terhadap anak-anak ini bias sampai ke Indonesia ya, B’timers

Share This Article