Teknologi Ini Tercipta Berawal dari Kesalahan. Wah, Kok Bisa, Ya? | Breaktime
Teknologi Ini Tercipta Berawal dari Kesalahan. Wah, Kok Bisa, Ya?
10.06.2018

Breaktime.co.id - Pernah membayangkan nggak kalau teknologi itu gimana ceritanya bisa tercipta dan membantu kehidupan banyak orang? Tapi pemikiran itu udah biasa, sih. Yang nggak biasa adalah ada beberapa teknologi yang justru tercipta karena kesalahan. Wah, bikin penasaran, nih!

Rontgen

Rontgen tercipta karena kesalahan yang tidak disengaja oleh Wilhelm Roentgen, pada tahun 1895. Saat itu ia sedang melakukan percobaan menggunakan sinar katoda. Saat itu ia menyadari, bahwa beberapa kardus neon di seluruh ruangan menyala, meskipun faktanya antara blok tebal kardus tersebut memiliki lapisan yang cukup tebal. Nah, karena sinar katoda inilah jadi bisa menembus bahan-bahan yang cukup tebal, termasuk dengan kulit manusia yang dalam dunia medis disebut dengan rontgen.

Stainless Steel

Sendok, garpu, dan segala perabotan di rumah yang anti karat ini ternyata tercipta karena kesalahan yang dilakukan Harry Brearly, ahli metalurgi Inggris. Beliau sedang mengembangkan senapan laras panjang yang tahan karat. Tapi proyek tersebut gagal, jadinya malah stainless steel digunakan untuk perabotan rumah tangga.

Plastik

Awal tahun 1990an, lak atau shellac adalah bahan yang serbaguna. Tapi karena banyak alasan yang dapat merusak lingkungan, akhirnya ya nggak digunakan lagi. Karena itu, seorang ahli kimia, Leo Hendrik Baekeland membuat bahan pengganti lac tersebut. Ia menemukan bahan yang bisa dibentuk, dipanaskan pada suhu sangat tinggi tanpa terdistorsi. Ehhh, hasilnya malah jadi plastik yang biasa digunakan saat ini.

Microwave

Mesin pemanas atau penghangat makanan satu ini ditemukan oleh radar angkatan laut bernama Percy Spencer. Pada waktu itu, beliau sih lagi iseng-iseng aja gitu bermain dengan pemancar gelombang mikro. Nah, ia mulai sadar tuh kenapa cokelat batangan yang ia bawa kok tiba-tiba meleleh kayak kepanasan gitu. Walaupun ia nggak berhasil menemukan alat pembeku cokelatnya, ia malah menemukan salah satu alat yang nggak kalah berguna, guys.

Beruntung kan kamu bsia merasakan kecanggihan teknologi yang berasal dari kesalahan. Coba kalau kamu kira-kira bisa menciptakan teknologi apa? Jangan teknologi untuk melupakan mantan ya. Itu cukup kamu aja yang ngerasain~



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE