Tanpa Rooting Bisa Atasi Android Lemot dan Panas | Breaktime
Tanpa Rooting Bisa Atasi Android Lemot dan Panas
16.11.2017

Smartphone berbasis OS Android sudah tidak terhitung jumlahnya. Fitur-fitur yang diusung oleh sistem operasi ini memang bisa dibilang sangat unggul sehingga tak heran jika peminat Android terus bertambah setiap tahunnya. Sehingga hingga saat ini Android menjadi salah satu mobile OS terbesar yang bersaing dengan Symbian dan iOS. Hanya saja ada satu kelemahan dari OS satu ini yang sering membuat penggunanya gemas, yaitu android lemot dan panas.

Android lemot dan panas seringkali terjadi terutama bagi Anda yang intens mengakses smartphone Anda. Ketika smartphone Anda kumat lemot atau menjadi panas, pastinya hal tersebut membuat kenyamanan dalam menggunakannya jadi berkuransg, kan? B’Timers memang bisa melakukan rooting untuk mengatasi masalah ini, tapi rooting jika dilakukan dengan sembarangan berisiko merusak handphone Android Anda. Too risky? Tenang saja, BreakTime punya beberapa tips mengatasi smartphone android yang lemot dan panas tanpa harus rooting. Kepoin infonya berikut yuk.

Jangan Kalap Menggunakan Widgets

Jika Anda punya smartphone Android, rasanya sayang sekali jika Anda tidak memanfaatkan fitur terkeren satu ini. Widgets bisa membuat penampilan user interface smartphone Anda jadi semakin keren, dan bahkan widgets tertentu bisa membantu mempermudah akses terhadap aplikasi yang terinstall di dalam smartphone Anda. Praktis, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini 3 Penyebab Android Lemot Setelah Upgrade

Seringkali kita ketagihan memasang beberapa widgets sekaligus di layar utama smartphone Anda. Nah padahal semakin kompleks widgets tersebut, semakin berat pula kerja dari processor smartphone Anda. Ditambah lagi, widget juga memakan daya baterai yang tidak sedikit. Tak heran jika tak hanya baterai Anda yang gampang drop, handphone Anda pun jadi panas. Coba deh kurangi pemasangan widgets dan batasi pada sebatas 1 atau 2 widgets yang benar-benar Anda butuhkan saja.

Tanpa Rooting Bisa Atasi Android Lemot dan Panas | Breaktime
Android lemot dan panas? Awasi penggunaan widgets

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan dengan Sempurna

Besarnya kapasitas memori internal seringkali menggoda kita untuk mengunduh berbagai macam aplikasi dari Play Store, terutama jika Anda termasuk golongan generasi hits yang punya minimal 3 akun media sosial. Dan seringkali tanpa kita tahu, penggunaan aplikasi yang terlalu banyak bisa membebani memori internal sehingga mengakibatkan smartphone Anda jadi gampang panas dan lemot.

Ketika B’Timers membuka aplikasi, smartphone Anda secara otomatis akan menyetor data sementara yang disebut dengan data cache ke memori internal. Semakin sering Anda mengakses aplikasi tersebut, maka akan semakin banyak pula data cache yang terakumulasi. Dan jika data cache tersebut tidak rutin dibersihkan, maka  tumpukan data tersebut akan mengganggu performa smartphone Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Android Lemot Padahal RAM Masih Banyak? Ini Solusinya

Solusinya? Cara paling sederhana adalah jangan meng-install terlalu banyak aplikasi ke dalam smartphone Anda, cukup batasi pada satu atau dua aplikasi yang memang benar-benar Anda butuhkan. Dan juga rajin-rajinlah dalam membersihkan data cache paling tidak satu atau dua minggu sekali(bergantung seberapa aktif Anda dalam menggunakan smartphone).

Jangan Sepelekan Update System!

Dalam waktu tertentu, biasanya pihak provider Android akan menjadwalkan update sistem smartphone Android. Tapi, cukup banyak pengguna handphone Android yang menyepelekan dan memilih untuk menunda update sistem. Padahal update system tersebut sangat dibutuhkan untuk mengoptimalkan performa handphone Android Anda, lho. Dalam rangkaian updates tersebut biasanya disertai dengan perbaikan terhadap bugs atau gangguan, dan juga penambahan berbagai macam fitur. Jadi, jangan lupa ya untuk mengupdate sistem handphone Android Anda.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menanti Rilisan Huawei Mate 10 Pro Indonesia

Ketika Jaringan Internet Data Seluler Buruk, Matikan

Apalagi di tengah-tengah cuaca yang buruk seperti ini, tidak jarang sinyal jaringan data seluler Anda pun ikut terganggu. Hal pertama yang terbersit di pikiran Anda mungkin tetap menyalakan data seluler, siapa tahu sebentar lagi akan membaik dengan sendirinya. Sayangnya sementara Anda menunggu, data seluler tersebut akan terus menyedot daya baterai dan membuat komponen di dalam smartphone terus bekerja. So, daripada ujung-ujungnya baterai Anda cepat habis sebaiknya matikan dulu fitur data seluler Anda.

 Semoga setelah menjalankan tips dari BreakTime di atas, Anda sudah tidak perlu lagi berurusan dengan handphone android lemot dan panas, ya. (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE