Tanaman yang Bakal Hilang Akibat Pemanasan Global. Waduh, Kopi salah Satunya! | Breaktime
Tanaman yang Bakal Hilang Akibat Pemanasan Global. Waduh, Kopi salah Satunya!
07.02.2018

Pemanasan global jadi salah satu momok yang menakutkan di muka bumi. Gimana nggak, pemanasan global bisa menyebabkan banyak hal yang mengerikan, termasuk kepunahan makhluk hidup, termasuk tumbuhan. Perlahan-lahan beberapa tanaman yang biasa kita konsumsi sehari-hari akan hilang akibat pemanasan global yang sudah tak terbendung ini.

1. Cokelat


cokelat (image-magicworld.su)

Iklim yang berubah dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap pertumbuhan bahan dasar coklelat, tumbuhan kakao. Kenaikan suhu bumi harus membuat para petani terpaksa mencari lahan-lahan baru yang lebih sejuk agar tanaman kakao masih dapat tumbuh dengan baik. Diprediksi oleh para peneliti, pertengahan abad ke-21 nanti perubahan lahan juga akan terjadi. Makanya kenapa tahun 2050 diprediksi iklim dapat membunuh tanaman kakao. Selamat tinggal es cokelat yang nikmat!

2. Alpukat


alpukat (image-pixabay.com)

Permintaan buah alpukat di pasaran terus melonjak tajam. Buah ini sangat diminati untuk siapa pun yang ingin hidup sehat. Nah, menurut para ilmuwan Alpukat ini merupakan jenis buah yang sangat sulit dibudidayakan karena pemanasan global. Lingkungan tropis yang jadi primadona lahan pertumbuhan Alpukat sudah banyak yang berubah menjadi padang pasir. Perubahan iklim ini yang bikin kamu nggak bisa lagi konsumsi Jus Alpukat :(

3. Pisang


pisang (image-nationalgeographic.com)

Duh, kebayang nggak kalau kamu bakalan kehilangan salah satu buah paling favorit di dunia! Biasanya kamu bisa menemukan bahkan pisang di pinggir jalan sekalipun, jadi nggak akan bisa kalian temukan! Jamur berbahaya bernama Panam Disease menjadi awal mula momok kehancuran pisang di seluruh dunia. Ditemukan di Amerika Tengah, pisang jenis Gros Michel berhasil dipunahkannya. Tahun ‘90an sempat ditemukan di Malaysia. Hingga kasus baru-baru ini, tahun 2016 berhasil membuat sebuah perusahaan pisang di Mozambik bangkrut, karena harus kehilangan 230.000 tanaman pisang yang ludes habis digerogoti jamur tersebut. Duh, ngeri banget ya, guys!

4. Kopi


kopi (image-wartabepe.ac.id)

Yang terakhir adalah Kopi. Pada tahun 2080 annti diprediksi tanaman kopi akan hilang tak bersisa. Sebab permintaan persediaan kopi tank sebanding dengan lahan yang sudah tak bisa lagi ditumbuhi. Makanya banyak banget ilmuwan yang mengingatkan seluruh pemerintah di setiap negara untuk mempertimbangkan dan mengambil langkah cepat untuk memecahkan masalah ini. Intinya sebijak mungkin lah para pasar memanfaatkan sumber daya alam bumi.

Semoga anak cucu kita nanti masih bisa menikmati hasil alam yang pernah kita konsumsi, ya. Menjaga alam tak sesulit itu, kok. Yang sulit adalah bagaimana kita menanamkan cinta terhadap alam dan nggak menyepelekannya. Karena terkadang kita sendiri yang membuat mereka jadi terbengkalai. Setuju?



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE