Sudah Tahu Rahasia Tak Terduga Di Balik Waktu? | Breaktime
Sudah Tahu Rahasia Tak Terduga Di Balik Waktu Ini?
17.02.2017

Berbicara tentang waktu, B’timers pasti perna mendengar sebuah istilah “time is money”. Tetapi, tidak terbukti bahwa waktu adalah uang, kan? Makna sebenarnya dari peribahasa time is money adalah bahwa kita harus menggunakan dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, karena waktu memang tidak bisa diulang. Waktu akan terus berjalan ke depan. Istilah ini muncul mungkin karena fakta-fakta mencengangkan di balik waktu.

Banyak hal mungkin yang tidak diketahui oleh hampir semua orang tentang waktu. Ternyata, waktu menyimpan banyak hal yang mungkin bisa buat Anda geleng-geleng kepala. Penasaran, kan apa saja hal-hal mengejutkan di balik waktu? Breaktime sudah merangkumnya, nih B’timers. Lets’s check this out!

Albert Einsten adalah seorang ilmuwan fisika yang sangat terkenal. Einsten ternyata punya Teori Relativitas tentang waktu. Ia beranggapan bahwa semakin Anda dekat dengan bumi, maka semakin lambat waktu berjalan. Ternyata teori ini bukan sembarangan dan terbukti. Bukti nyatanya adalah waktu di atas Gunung Everest ternyata lebih cepat 15 mikrodetik dari pada di atas permukaan laut. Luar biasa ya!

Sudah Tahu Rahasia Tak Terduga Di Balik Waktu? | Breaktime
Teori Relativitas Einsten terbukti

Kepercayaan bahwa waktu adalah 24 jam ternyata salah. Sebenarnya, waktu dalam satu hari hanya 23 jam 56 menit 4,2 detik. Mengapa demikian? Yup, berdasarkan ilmu astronomi, ini karena bumi setiap harinya bergerak lebih jauh mengelilingi matahari dalam orbitnya.

Di zaman dulu, ketika dinosaurus masih menguasai bumi, dalam satu tahun ternyata terdapat 370 hari. Ini karena bumi berputar melambat dan diakibatkan oleh gravitasi bulan. Itulah yang mengakibatkan hari-hari di bumi menjadi lebih panjang 1,7 milidetik per abadnya.

Hal yang akan membuat Anda geleng-geleng kepala, ternyata bumi diciptakan pada malam Sabtu tanggal 22 Oktober tahun 4004 sebelum masehi. Pernyataan tersebut menurut James Usher seorang Uskup Agung Armagh pada abad ke-17. Kesimpulan tersebut sesuai dengan sejarah keluarga dalam Alkitab seperti Adam, Hawa, Kain, dan Abel.

Batu tertua di bumi akhirnya sudah ditemukan di dataran Australia Barat. Batu tersebut adalah Kristal zircon dan diperkirakan berusia lebihdari 4,4 miliar tahun. Wow! Selain itu, dalam kalender internasional yang ditemukan oleh seorang Inggris, Bruine Cotworth pada tahun 1859, ternyata terdapat 13 bulan dengan bulan tambahan yang bernama Sol.

 

Fakta selanjutnya adalah jika Anda bisa jalan-jalan ke Merkurius saat ini, maka ketika kembali ke Bumi sudah berubah menjadi tahun 2019. Wah, kok bisa? Ya, ini karena satu hari di Merkurius sama dengan dua tahun di bumi. Wah, cepat sekali, ya waktu berjalan.

Ada istilah-istilah sendiri untuk menandakan waktu. Seperti femtosecond, attosecond, dan Planck. Namun, ternyata ada satuan waktu yang digunakan untuk waktu yang panjang yaitu nanosecond yang merupakan satuan untuk satu miliar detik.

Fakta yang terakhir ternyata juga cukup unik. Waktu akan bergulir lebih lambat saat Anda bergerak semakin cepat. Bayangkan saja jika manusia bisa bergerak melebihi kecepatan cahaya atau sekitar 1 konstanta kecepatan cahaya sama dengan 299.792,46 km/detik, tentu Anda bisa dengan mudah kembali ke masa lalu.

Jadi bagaimana, B’timers? Mungkin butuh waktu berpikir untuk memahami fakta-fakta mengejutkan tentang waktu yang selama ini tidak banyak diketahui, ya? (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE