Sponge Suit, Bikini Ajaib Pembersih Polutan Laut | Breaktime
Sponge Suit, Bikini Ajaib Pembersih Polutan Laut
30.10.2015

Ingin mencoba membersihkan laut dari polutan yang menganggu, B’timers harus mencoba Sponge Suit bikini. Dengan desain seksi yang cantik, bikini ajaib ini bisa digunakan untuk membersihkan polutan laut ketika Anda berenang.

Sponge Suit bikini diciptakan atas kerjasama antara perusahaan arsitektur dan desai Eray Carbajo yang berbasis di New York dan Istanbul dengan professor teknik listrik dari UC Riverside, Mihri Ozkan. Bikini unik ini sengaja diciptakan untuk menyerap polutan laut ketika digunakan untuk berenang di laut. Bikini ajaib ini juga berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi RESHAPE 2015 Wearable Technology Competition.

Sponge Suit bikini telah dirancang sejak empat tahun lalu dan dibuat untuk membersihkan polutan laut seperti minyak, tumpahan bahan kimia, dan desalinating air. Terbuat dari bahan karbon berpori yang ringan dan fleksibel, Sponge Suit akan menyerap segala sesuatu kecuali air. Sponge Suit juga memiliki kemampuan menyerap polutan hingga 25 kali beratnya sendiri, tergantung pada kepadatan materi yang diserap

Sponge Suit, Bikini Ajaib Pembersih Polutan Laut | Breaktime
Desain dan material Sponge Suit

Sponge sendiri sebenarnya terbuat dari sukrosa yang dipanaskan dan digunakan untuk membersihkan tumpahan minyak dan bahan kimia. Tapi, karena adanya kompetisi RESHAPE 2015, tim pencipta Sponge kemudian memutuskan untuk menjadikan sponge sebagai bahan bikini renang.

Baca juga: 8 MITOS TEKNOLOGI: BENARKAH SITUS PORNO MERUPAKAN GUDANG VIRUS?

Untuk membuatnya menjadi bikini cantik, Eray beserta timnya memasang sponge ke kerangka elastis 3D yang berbentuk baju renang. Hasil akhir Sponge yang dijadikan bikini ini memiliki tebal 2 milimeter dengan berat hanya 54 gram. Sponge Suit juga bisa digunakan hingga 20 kali sebelum kehilangan kemampuannya untuk menyerap. Setelah 20 kali pun, pengguna dapat mengganti filternya dengan yang baru. Pengguna pun tak perlu was-was karena polutan yang terserap oleh Sponge Suit tidak akan menyentuh dan merugikan kulit karena terjebak dalam pori-pori sponge.

Tertarik untuk tampil seksi sekaligus peduli lingkungan? Coba gunakan Sponge Suit saat berenang di laut, B’timers!

Share This Article