Smartphone “Lemot”? Ini Cara-Cara Mengatasinya | Breaktime
Smartphone “Lemot”? Ini Cara-Cara Mengatasinya
23.05.2016

Saat akan membuka notifikasi chat, lelet. Saat ingin melihat-lihat galeri foto, lelet. Saat harus mengirim SMS pun, lelet. Mungkin hal seperti ini pernah dialami B’timers dengan smartphone yang dimiliki. Ya, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja smartphone, mulai dari operating system (OS), RAM hingga aplikasi dan berbagai file yang ada di smartphone Anda. Nah, biar smartphone tidak “lemot” lagi, Anda bisa lakukan cara-cara jitu ini:

Kenali perangkat Anda

Sebelum memakainya, mengetahui kapabilitas dan kelemahan smartphone Anda sangatlah penting. Hindari memasang terlalu banyak aplikasi yang justru bisa menyebabkan performa smartphone menurun.

Update Android Anda

Jika Anda belum meng-update atau memperbarui sistem operasi Android Anda, sebaiknya segera lakukan saja. Google memberikan fitur ini agar smartphone Anda bisa lebih stabil, lebih cepat dan lebih mudah dalam hal konektivitas.

Hapus aplikasi yang tak perlu

Setiap aplikasi yang diinstal menghabiskan ruang penyimpanan file smartphone dan juga tetap aktif berjalan di latar belakang. Semakin besar penyimpanan yang dibutuhkan aplikasi, hal itu juga semakin memperlambat kinerja smartphone. Hindari menginstal aplikasi yang jarang B’timers gunakan dan hanya pakai aplikasi yang memang dibutuhkan.

Smartphone “Lemot”? Ini Cara-Cara Mengatasinya | Breaktime
Hapus aplikasi yang jarang dipakai agar smartphone tidak lelet

Nonaktifkan dan perbarui aplikasi

Tak seperti uninstall, Anda bisa menonaktifkan aplikasi tanpa harus meng-uninstall sehingga saat dibutuhkan, Anda bisa kembali mengaktifkannya di pengaturan. Anda juga perlu selalu meng-update atau memperbarui aplikasi untuk mendapat fungsi dan fitur aplikasi yang lebih optimal dari versi terbaru aplikasi tersebut, smartphone pun dapat bekerja lebih cepat.

Hindari wallpaper animasi

Tentu wallpaper animasi menarik dan menggoda Anda untuk memasangnya. Namun, wallpaper gambar bergerak ini bisa dengan cepat menyedot baterai Anda. Saat Anda mengaktifkan layar smartphone, tak hanya aplikasi, namun wallpaper animasi Anda juga ikut aktif.

Matikan sinkronisasi

Sinkronisasi memang perlu bila Anda ingin menghubungkan data Anda dengan server Google. Namun, sinkronisasi yang selalu terhubung akan selalu memunculkan notifikasi saat email baru masuk atau ada aplikasi yang harus diperbarui. Ini bisa menurunkan kecepatan smartphone.

Nah, dengan cara-cara di atas, B’timers tak perlu khawatir lagi karena smartphone lelet atau baterai cepat habis. Apa yang lebih asyik dari smartphone yang performanya cepat dan memuaskan saat dipakai online? (md)

Share This Article