Situs Telkomsel Diretas 5 Situs Ini Juga Senasib | Breaktime
Situs Telkomsel Diretas, 5 Situs Ini Juga Senasib
28.04.2017

Hari ini jagat maya dihebohkan dengan ulah para hacker. Lagi-lagi mereka berhasil membobol situs penting di Indonesia. Tepat pagi ini, Jumat (28/4), situs resmi Telkomsel memiliki tampilan yang berbeda. Rupanya laman depan situs Telkomsel, www.telkomsel.com, diubah (deface) oleh hacker.

Dalam laman tersebut, sang peretas melakukan protes tentang harga paket internet Telkomsel yang dianggap terlalu mahal. Tak hanya itu, deskripsinya pun juga berisi kata-kata kasar. Salah satunya adalah sebagi berikut, “Pegimane bangsa Endonesia mau maju kalo internet aja mahal.”

Situs Telkomsel Diretas 5 Situs Ini Juga Senasib | Breaktime
Telkomsel jadi korban hacker selanjutnya

Baca juga : GOOGLE DOODLE CASSINI, 20 TAHUN JELAJAH SATURNUS

Secara keseluruhan, sang hacker meminta agar pihak Telkomsel menurunkan harga paket data. Hingga saat ini situs Telkomsel tak bisa diakses.

Melihat kasus seperti ini, jadi teringat bahwa sebelumnya banyak situs nasional yang berhasil menjadi korban para hacker. Benar-benar kemampuan luar biasa dari para peretas nasional ini, ya. Lalu, situs apa saja sih yang pernah dibobol oleh para peretas lokal? Breaktime berhasil merangkumnya dalam ulasan berikut ini.

Pertama adalah Situs Propam Polri. Anda tentu masih ingat dengan aksi pesepeda Elanto Wijoyono yang mencegat iring-iringan moge di Yogyakarta beberapa tahun lalu. Elanto melakukan protes terhadap polisi yang membiarkan konvoi moge tersebut melanggar lampu lalu lintas. Alhasil banyak masyarakat yang memujinya dan kecewa terhadap sikap polisi. Akibatnya, pada 17 Agustus 2015, seorang hacker bernama M2404 meretas situs resmi Divisi Profesi dan Pengamanan Mabes Polri. Saat membuka situs tersebut akan muncul gambar aksi pencegahan konvoi yang dilakukan Elanto dan terdapat sebuah deskripsi, yaitu “Kalau kamu sukanya konvoi moge, apalah dayaku yang bisanya konvoi sepeda?“.

Situs Telkomsel Diretas 5 Situs Ini Juga Senasib | Breaktime
Aksi Elanto Wijoyono yang menginspirasi hacker

Baca juga : HMM, TEKNOLOGI KECANTIKAN INI BIKIN GAGAL PAHAM!

Selanjutnya adalah Situs Sekretariat Kabinet RI. Di akhir tahun 2015, situs pemerintah ini juga menjadi korban serangan cyber. Menunjukkan tampilan halaman utama situs Setkab diubah menjadi susunan huruf dan angka dan jika disatukan akan membentuk gambar tengkorak manusia dan binatang. Adapun deskripsi yang ditulis oleh hacker, “Hello from the dark side, may force be with you J.“

Tak kalah menghebohkan, Situs Resmi Kementrian Komunikasi dan Informasi RI juga mejadi korban hacker. Peretasan ini bertujuan sebagai sikap penolakan terhadap isu bahwa Google dan Youtube akan diblokir di Indonesia, karena banyak mengandung konten negatif. Sang peretas menyerang laman Pengaduan Masyarakat (dumas) dengan menulis sebuah curhatan yang cukup panjang.

Situs Resmi Presiden Indonesia ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono pun tak luput dari sasaran hacker. Situs www.presidensby.info diretas oleh Jember Hacker Team. Kasus ini berlangsung pada tahun 2013 lalu. Ternyata peretasan tersebut dilakukan oleh seorang pemuda berusia 22 tahun bernama Wildan Yani Anshari. Ia pun ditangkap dan penangkapannya menimbulkan aksi protes dari kelompok hacker internasional, yaitu Anonymous. Mereka menyatakan perang dengan pemerintah Indonesia dan melakukan peretasan pada situs-situs pemerintahan Indonesia. 

Situs Telkomsel Diretas 5 Situs Ini Juga Senasib | Breaktime
Bahkan situs presiden juga pernah jadi korban

Baca juga : INGIN PASSWORD AMAN DARI HACK? INI CARANYA

Bahkan yang dianggap peretasan paling mengejutkan adalah terhadap Google yang terjadi pada tahun 2014. Kelompok peretas bernama MadLeets sukses menjahili situs Google Indonesia. Halaman putih Google berubah menjadi hitam dan diramaikan dengan tulisan identitas hacker. Ternyata setelah diselidiki, bukan server Google yang diretas, melainkan hanya melakukan DNS Hijacked dengan mengubah alamat DNS yang merujuk ke Google Indonesia.

Hmmm.... ada-ada saja ya kelakuan para hackers ini. Tetapi sisi positifnya adalah bahwa masyarakat Indonesia juga memiliki skill yang tak kalah mengagumkan dalam dunia IT. Bahkan tak jarang hackers yang tertangkap diangkat menjadi tim IT sebuah perusahaan Nasional. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE