Simak Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk | Breaktime
Simak Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk
12.12.2016

Flashdisk sangat bermanfaat untuk membantu Anda menyimpan dan memindahkan file yang Anda butuhkan ke komputer lain. Akan tetapi, tidak jarang ketika Anda menancapkan dan mentransfer file ke komputer dengan flashdisk sejumlah virus komputer berhasil menyelinap masuk ke dalam flashdisk dan menginfeksi flashdisk Anda. Virus-virus tersebut dapat merusak file-file yang Anda simpan sehingga tidak dapat terbaca oleh komputer atau bahkan dapat menginfeksi komputer Anda. Lalu bagaimana cara menghilangkan virus di flashdisk?  

Baca juga : TIPS MEMPERBAIKI FLASHDISK YANG TIDAK BISA DIFORMAT

Terdapat beberapa cara menghilangkan virus di flashdisk yang cukup ampuh dan sering digunakan. Beberapa metode hanya menghilangkan virus secara sementara, dengan kata lain virus flashdisk tersebut dapat kembali muncul. Sedangkan untuk menghilangkan virus secara permanen Anda harus mempersiapkan diri untuk kehilangan file-file penting Anda. Berikut adalah cara efektif menghilangkan virus di flashdisk.

  • Salah satu metode eliminasi virus di flashdisk yang paling populer adalah menggunakan anti virus. Anti virus dapat Anda unduh secara gratis atau Anda dapat membelinya di toko-toko komputer di kota Anda. Terdapat berbagai macam jenis anti virus yang sering digunakan oleh masyarakat, antara lain anti virus Norton, Kaspersky, Avira, Avast, AVG, dan anti virus lokal seperti Smadav. 
Simak Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk | Breaktime
Rajin-rajin mengescan flashdisk Anda, ya!

Dengan mengaktifkan anti virus di komputer Anda, ia akan membantu mendeteksi virus-virus yang ada dan menguncinya untuk kemudian dihilangkan dari flashdisk Anda. Beberapa anti virus bahkan mampu membersihkan file yang terinfeksi serta memunculkan file-file Anda yang sebelumnya disembunyikan oleh virus komputer.

Membersihkan flashdisk dan komputer dengan menggunakan flashdisk adalah salah satu cara ampuh untuk menghilangkan virus tanpa harus mengorbankan file-file penting Anda sehingga sangatlah penting untuk meng-update antivirus yang Anda miliki secara berkala dan melakukan scanning secara rutin.

  • Ada kalanya virus tersebut sangat keras kepala dan tidak menghilang dari flashdisk Anda terlepas dari usaha Anda dengan menggunakan flashdisk. Dalam kasus seperti itu, Anda dapat menggunakan metode kedua, yaitu dengan memformat flashdisk Anda. Untuk memformat flashdisk Anda, Anda hanya perlu mengeklik kiri ikon flashdisk drive Anda dan memilih opsi “format” dari menu drop bar. Dari perintah tersebut Anda akan melihat kotak dialog yang mengkonfirmasi tindakan Anda. Klik “Start”, dan biarkan komputer Anda melakukan proses format. 

Baca juga : 5 MITOS VIRUS KOMPUTER YANG TERNYATA SALAH KAPRAH

Pada umumnya, proses formatting ini adalah cara yang paling efektif untuk menghilangkan virus secara permanen. Akan tetapi, file-file Anda akan secara otomatis ikut terhapus sehingga ada baiknya Anda telah memback-up data Anda di komputer atau menyimpannya di media penyimpanan lain sehingga Anda tidak perlu kehilangan file-file Anda.

  • Cara ketiga untuk menghilangkan virus-virus flashdisk yang membandel adalah dengan menggunakan opsi perintah command prompt/cmd. Opsi ini dapat Anda akses dengan cara membuka aplikasi cms dengan mengeklik ikon bendera windows yang berada pada segmen bagian bawah dari desktop. Pada kolom “search” ketikkan perintah “cmd”. Klik opsi tersebut dan ketikkan “format (masukkan lokasi drive flashdisk Anda). Sebagai contoh, jika drive flashdisk Anda terletak di drive G, ketikkan perintah format g.

Untuk langkah selanjutnya, tekan “Enter” dua kali dan tunggu beberapa saat. Setelah perintah Anda yang pertama, akan muncul command prompt lain yang menanyakan nama flashdisk yang ingin Anda format. Masukkan nama flashdisk Anda dan kembali tekan “Enter”. Dengan cara tersebut, flashdisk Anda secara otomatis akan terformat dan terbebas 100% dari ancaman virus.

Sekian uraian mengenai cara menghilangkan virus di flashdisk. Semoga membantu Anda, B’Timers! (DKP)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE