Setrika Vs Steamer? Bagus Yang Mana Ya? | Breaktime
Setrika Vs Steamer? Bagus Yang Mana Ya? Check This Out!
09.02.2016

Untuk merapikan pakaian alat apa yang B'timers biasa gunakan di rumah? Setrika atau mesin uap? Kedua alat ini sudah mengalami banyak perubahan bahkan setelah dikenal dunia. Namun, meskipun alat ini memiliki fungsi yang sama, akan tetapi cara kerja serta tingkat efektifitasnya berbeda B'timers.

Meskipun setrika adalah generasi pertama dari alat perapi pakaian, mesin uap juga banyak digunakan karena menurut sebagian orang lebih praktis. Untuk informasi selengkapnya, B'timers bisa melihat penjelasannya sebagai berikut :

Setrika Vs Steamer? Bagus Yang Mana Ya? | Breaktime
Setrika jaman dulu menggunakan bara panas yang dimasukkan ke dalam besi

1. Setrika

Setrika sudah ada sejak jaman dulu B'timers. Dulu, setrika diisi dengan bara panas yang dibakar terlebih dahulu, lalu dimasukkan ke dalam balok besi yang digunakan sebagai setrika. Tapi sekarang hal tersebut tidak diperlukan lagi karena setrika sudah semakin modern.

Cukup tancapkan steker setrika ke stop kontak, atur suhu sesuai keinginan lalu tunggu beberapa detik. Setelah panas barulah setrika bisa digunakan untuk merapikan pakaian. Cara kerja dari setrika adalah kawat nikelin yang ada di dalam setrika memanas setelah dialiri listrik. Setelah itu, panas itu akan disalurkan ke besi khusus pengumpul panas yang ada di bawah setrika.

Baca Juga: Baju Kusut Bisa Jadi Licin Tanpa Setrika

Dengan setrika Anda bisa merapikan bagian manapun pada baju dengan mudah. Namun, sayangnya setrika digunakan untuk merapikan satu pakaian saja dan butuh waktu beberapa menit untuk merapikannya.

2. Steamer

Alat yang menyerupai vacum cleaner ini berfungsi sama seperti setrika juga B'timers. Media yang digunakan juga panas yang dihasilkan mesin, hanya saja untuk steamer menggunakan air yang diuapkan. Kemudian, uap panasnya digunakan untuk merapikan pakaian. Biasanya, steamer digunakan oleh binatu agar menghemat waktu.

Steamer memiliki kelebihan menjaga kualitas serat serta benang yang ada pada pakaian. Sangat efektif untuk mengeringkan pakaian dalam jumlah banyak. Namun, meskipun begitu steamer memiliki harga yang cukup mahal. Selain itu, risiko arus pendek juga menjadi kekhawatiran tersendiri bagi mereka yang ingin menggunakan steamer.

Itulah penjelasan mengenai kedua mesin perapi pakaian yang sudah dikenal banyak orang di dunia. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing jadi apabila Anda harus memiih salah satu, pilihlah sesuai dengan kebutuhan Anda. (wsu)

Share This Article