Seperti Ini Sejarah Tentang Sistem Operasi (OS) | Breaktime
Seperti Ini Sejarah Tentang Sistem Operasi (OS)
16.11.2016

B’timers tentu sudah tidak asing dengan sistem operasi. Dalam bahasa Inggrisnya disebut dengan operating system atau yang biasa kita kenal dengan OS. Sistem operasi sendiri merupakan program untuk mengatur hardware, software atau program aplikasi dan brainware atau user pada komputer, di mana ketiganya merupakan sumber daya yang bersinergi agar komputer bisa menjalankan fungsinya. Nah, sejarah sistem operasi sendiri dibagi menjadi 4 generasi, yaitu:

Generasi pertama (1945-1955)

Ini adalah masa digantikannya sistem komputasi mekanik dengan sistem komputasi elektronik. Di era ini, belum ada sistem operasi komputer, sehingga komputer menjalankan sistem melalui penerimaan instruksi, di mana itu harus dikerjakan secara langsung, pengendalinya disebut mikrokontroler.

Generasi kedua (1955-1965)

Pada masa ini dikenalkan Batch Processing System, yang mana merupakan job dan dikerjakan di dalam sebuah rangkaian, kemudian dijalankan eksekusi dengan cara berurutan. Dilihat dari sejarah sistem operasi, belum ada OS untuk komputer pada masa ini, namun ada sejumlah fungsi sistem operasi, contohnya seperti FMS (Fortran Monitoring System) dan IBSYS (International Business System).

Seperti Ini Sejarah Tentang Sistem Operasi (OS) | Breaktime
Tampilan sistem operasi Linux

Generasi ketiga (1965-1980)

Di generasi ini, perkembangan sistem operasi adalah memungkinkan pengguna interaktif melakukan komunikasi melalui terminal secara online ke komputer. Ini sebabnya sistem operasi jadi untuk multi-user karena dipakai banyak pengguna secara bersamaan, serta multi-programming dengan melayani lebih dari satu program sekaligus. Pada era ini sistem operasi masih memakai basis Command Line Interface (CLI), umumnya yang bisa menggunakannya hanya kalangan programmer saja.

Generasi keempat (pasca 1980-an)

Di era ini pengguna sudah bisa menikmati Graphical User Interface (GUI), merupakan antar-muka komputer dengan basis grafis dan nyaman diakses. Selain itu di masa ini, pusat komputasi tidak lagi hanya berada di satu titik, melainkan dipecah ke banyak komputer, hasilnya kinerjanya pun menjadi lebih baik. Ini juga memunculkan konsep OS yang berbasis GUI, seperti Linux, Microsoft dan Mac-OS.

Itulah sejarah sistem operasi yang berjalan dari generasi ke generasi, B’timers. Cukup menambah pengetahuan, ya. (md)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE