Seperti Apa Uniknya Perayaan Wikipedia Day? | Breaktime
Seperti Apa Uniknya Perayaan Wikipedia Day? Intip, Yuk!
15.01.2016

Siapa yang tak kenal Wikipedia? Situs dengan bermacam ilmu pengetahuan populer ini menjadi teman setia para siswa, guru, dosen, ataupun para penggerak bisnis dan politik. Dan hari ini, Wikipedia merayakan ulang tahunnya yang ke-15. Masih muda juga, ya?

Seperti Apa Uniknya Perayaan Wikipedia Day? | Breaktime
Salah satu birthday cake untuk ulang tahun Wikipedia

Sejarah Wikipedia

Wikipedia pertama kali diluncurkan pada tanggal 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger. Namun, konsep ensiklopedia online pertama kali dibuat oleh Rick Gates pada tahun 1993. Selanjutnya, ensiklopedia online gratis diusulkan oleh Richard Stallman pada bulan Desember 2000.

Sebelum Wikipedia diluncurkan, orang-orang mengenal Microsoft Encarta, Ecyclopaedia Bitannica, dan Nupedia Bomis yang menjadi pendahulu Wikipedia. Awalnya, teknologi Wikipedia pun diciptakan untuk Nupedia yang bertujuan agar para ahli dapat mengedit secara online ensiklopedia yang ada.

Namun, dalam perjalanannya, ternyata Wikipedia lebih cepat berkembang dan menyalip Nupedia. Bahkan, menjadi proyek global dalam beberapa bahasa dan menginspirasi berbagai proyek referensi online lainnya.

Saat ini, menurut Alexa, Wikipedia menjadi situs terpopuler nomor tujuh dengan jumlah pembaca bulanan mencapai 495 juta orang. Selain Alexa, WMF Labs, pada Agustus 2013 lalu mengatakan bahwa dalam bulan tersebut, Wikipedia telah menampilkan 18 miliar halaman.

Seperti Apa Uniknya Perayaan Wikipedia Day? | Breaktime
Halaman khusus Wikipedia yang menampilkan ucapan dari para pembaca

Perayaan ulang tahun Wikipedia

Dari tahun ke tahun, hari ulang tahun Wikipedia atau disebut sebagai Wikipedia Day oleh para Wikipedian, selalu dirayakan dengan cara yang unik dan seru secara online maupun offline di seluruh dunia.

Salah satu perayaan paling menarik adalah ulang tahun ke-10 Wikipedia pada 2011 lalu. Dalam perayaan meriah ini, disertakan juga stiker, t-shirt, kue, dan tentu saja pesta yang meriah di seluruh dunia. Tradisi ini terus dilanjutkan dengan meet up lokal yang beragam di tahun-tahun selanjutnya.

Tahun ini, di usianya yang menginjak 15 tahun, Wikipedia yang namanya telah mendunia dan dikenal oleh seluruh lapisan masyarakat, memasang banner untuk para pembacanya. Banner ini akan mengantarkan pembaca pada sebuah tampilan kolom komentar. Kolom komentar ini bisa diisi tentang harapan atau doa untuk Wikipedia.

Tiap pembaca yang mengirimkan ucapan ulang tahun ini, diminta untuk mengonfirmasi agar kiriman mereka bisa di-posting di Twitter. Nantinya, kiriman ini akan ditampilkan di Twitter sekaligus halaman khusus Wikipedia.

B’timers juga ingin memberikan ucapan selamat ulang tahun untuk Wikipedia? (dfr)

Share This Article