Selain Indonesia, Negara ini Punya Tradisi Mudik | Breaktime
Selain Indonesia, Negara ini Punya Tradisi Mudik
19.06.2017

Tradisi yang tidak dapat ditinggalkan setiap datangnya Hari Raya Lebaran di Indonesia adalah mudik atau pulang kampung, B’timers. Bagi setiap umat Muslim, ini adalah kebiasaan yang sama sekali haram untuk Anda tinggalkan. Hari Raya Lebaran yang hanya datang setahun sekali tersebut pun menjadi kesempatan emas bertemu dengan sanak kerabat di kampung halaman tercinta, B’timers.

Jutaan orang di setiap tahunnya beramai-ramai pulang ke kampung halaman mereka. Di antara mereka ada yang memilih kendaraan umum, seperti pesawat ataupun kereta api dan bis. Namun tidak sedikit yang menggunakan kendaraan pribadi, yaitu mobil dan motor, B’timers. Anda termasuk yang mana, nih, B’timers?

Eits, tapi ternyata mudik tidak hanya menjadi tradisi bagi umat Muslim yang ada di Indonesia saja, umat Islam yang ada di beberapa negara lainnya juga masih menjunjung tinggi tradisi yang satu ini, lho. Anda penasaran, negara mana saja yang memiliki tradisi mudik yang sama seperti Indonesia?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sumpah, Begini Penampakan Terbaru Dari Snapchat!

Tetangga Indonesia yang paling dekat, yaitu Malaysia juga memiliki tradisi yang serupa dengan kita yang ada di Indonesia, lho. Jika di Indonesia kita mengenalnya dengan nama pulang kampung, maka mereka di Malaysia menyebutnya dengan balik kampong. Dan mereka tak hanya melaksanakan tradisi yang satu ini setiap menjelang Lebaran saja, melainkan juga setiap datang Tahun Baru Imlek, B’timers.

Selain Indonesia, Negara ini Punya Tradisi Mudik | Breaktime
Tak hanya jalur darat, jalur air pun jadi

Bangladesh serta India juga memiliki tradisi mudik yang turut meramaikan hari-hari menjelang Lebaran. Dua negara dengan mayoritas masyarakat yang memeluk agama Islam ini terbiasa melakukan mudik di saat menjelang Lebaran. Mereka biasanya menyerbu terminal dan memadati stasiun kereta api, bahkan ada juga yang melakukan perjalanan mudiknya dengan menggunakan perahu menyusuri sungai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Proteksi Data di Saat Traveling dengan Tips Ini!

Masyarakat beragama Islam yang tinggal di Pakistan juga tak ketinggalan dengan tradisi pulang kampung yang akan mereka lakukan menjelang datangnya akhir dari hari puasa di bulan Ramadan, lho, B’timers. Bahkan yang membuat tradisi masyarakat Pakistan di saat merayakan Lebaran juga tidak jauh berbeda dengan Indonesia, mulai dari bersilaturahmi, saling kirim makanan dan membagikan sedekah.

Selain Indonesia, Negara ini Punya Tradisi Mudik | Breaktime
Kendaraan memadati jalan raya saat mudik

Namun sedikit berbeda dengan tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat di negara-negara di Timur Tengah, B’timers. Salah satunya adalah Mesir. Bagi masyarakat Mesir, mereka tidak terbiasa merayakan Idul Fitri secara besar-besaran, B’timers. Dan meskipun demikian, mereka tetap rutin melakukan pulang kampung ke rumah tercinta demi untuk bisa berkumpul dengan karib kerabat tercinta.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Lebih Dekat dengan Alat Musik Unik Hydraulophone

Lain lagi dengan tradisi mudik yang dilakukan oleh masyarakat Muslim di Arab Saudi, B’timers. Karena di sini, mereka tak hanya melakukan perjalanan pulang kampung saja, namun mereka juga membersihkan dan menghiasi rumah mereka agar terlihat indah di saat mendapatkan kunjungan dari tetangga maupun kleluarga mereka. Lebaran adalah waktunya berbagai festival dan pertunjukan seni di Arab Saudi.

Turki dengan mayoritas masyarakat yang memeluk agama Islam juga memiliki tradisi unik menjelang di Hari Raya Lebaran, lho, B’timers. Selain pulang kampung, mereka juga biasanya melakukan bayram atau berkumpul sekaligus saling bermaafan dengan seluruh keluarga besar juga pergi melakukan ziarah kubur dan tabor bunga di makam orangtua ataupun anggota keluarga lainnya yang telah meninggal.

Negara terakhir yang juga memiliki tradisi mudik menjelang datangnya Hari Raya Lebaran adalah Nigeria yang terletak di Afrika ini, B’timers. Yang unik dari tradisi mudik bagi masyarakat Muslim di Nigeria ini adalah, mereka mendapatkan hari libur nasional selama 2 hari untuk melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman tercinta, lho, B’timers.

Nah, karena anak-anak sekolah sudah libur sejak akhir pekan kemarin, Anda kapan mudik, nih? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE