Segera Lakukan Hal Ini Setelah Kehilangan Ponsel | Breaktime
Segera Lakukan Hal Ini Setelah Kehilangan Ponsel
30.01.2017

Sudah berapa kali Anda kehilangan ponsel sejak pertama kali Anda sanggup membeli gadget, B’timers? Well, saat ini sudah sangat umum, bahwa setiap orang memiliki ponselnya masing-masing. Bahkan tak mustahil satu orang mengantongi lebih dari satu buah ponsel, karena tuntutan pekerjaan. Dan ponsel pintar atau smartphone sudah merupakan komputer pribadi yang melekat dengan diri kita. Jadi dapat Anda bayangkan, apabila benda ajaib ini hilang, apa yang bakalan terjadi. Yups, semua data pribadi dan dokumen-dokumen penting turut hilang.

Namun jangan khawatir, B’timers. Karena selama beberapa tahun terakhir, Android telah berhasil dalam menyempurnakan mobile OS yang jauh lebih stabil dengan kecanggihan terbaru. Sebut saja, seperti fitur keamanan yang sengaja dirancang untuk membantu para pengguna smartphone menghadapi situasi ini, yaitu ketika kehilangan ponsel, B’timers. Well, yang namanya kehilangan ponsel, tentunya bakalan bikin kita panik. Namun jangan khawatir, karena Anda bisa melakukan beberapa hal ketika kehilangan ponsel, kok. Berikut tips yang wajib Anda ketahui!

Segera Lakukan Hal Ini Setelah Kehilangan Ponsel | Breaktime
Jangan panik, dan lakukan langkah untuk melacak ponsel Anda

Tips yang perlu Anda ketahui demi untuk menjaga keamanan data-data pribadi yang tersimpan di dalam ponsel saat ponsel tersebut hilang atau dicuri adalah dengan mengatur lock screen security sebelumnya, B’timers. Dengan langkah yang satu ini, ketika orang lain menemukan ponsel Anda, maka mereka tidak akan mampu masuk dan mengintip ke dalam smartphone Anda. Karena itu usahakanlah untuk memilih pengaturan keamanan kunci layar yang paling kuat untuk mengamankan data-data pribadi Anda.

Di kebanyakan ponsel Android Anda akan menemukan opsi untuk lock screen security pada opsi Setting. Anda akan menemukan pilihan Security atau Lock Screen. Beberapa ponsel pintar telah didukung dengan fitur keamanan biometrik, seperti Face Unlock. Jika dibandingkan dengan kode pola atau PIN, tentu saja pilihan tersebut jauh lebih aman.

Lalu bagaimana caranya jika ponsel Anda sudah benar-benar hilang? Lakukan panggilan ke smartphone Anda. Atau Anda juga bisa mengirimkan pesan singkat, B’timers. Tindakan sederhana ini terbukti cukup efektif. Dengan cara ini Anda dapat melakukan pelacakan keberadaan ponsel Anda, lho. Bahkan sekedar pesan singkat pun bisa membantu Anda menemukan lokasi ponsel Anda saat ini berada.

Anda dapat menggunakan fitur “OK Google” untuk membantu menemukan ponsel yang hilang juga, lho. Caranya adalah dengan mengatakan “OK Google Now, find my phone” atau “OK Google Now, temukan ponsel saya”. Trik ini akan memicu getaran suara yang akan memandu Anda menuju keberadaan ponsel Anda, B’timers. Namun cara ini hanya dapat digunakan tipe ponsel tertentu.

Yang harus segera dilakukan setelah kehilangan ponsel adalah mengunci perangkat Anda, B’timers. Dan meskipun Anda belum menyetel Android Device Manager untuk mengunci jarak jauh atau menghapus telepon Anda, tetapi Anda tetap dapat melakukannya untuk membantu menemukan ponsel yang hilang, lho. Berikut caranya:

  • Masuk ke google.com/android/devicemanager melalui web
  • Setelah itu masuk kea kun Google Anda
  • Anda juga dapat mengunduh aplikasi Android Device Manager di Google Play di ponsel atau tablet lain

Nah, apabila ponsel Anda masih dalam keadaan menyala, maka sinyal ponsel Anda akan menunjukkan keberadaannya, B’timers. Dan jika ponsel Anda dalam keadaan tidak aktif, sinyal terakhir tetap bakalan terbaca dan mengatakan di mana lokasi terakhir ponsel Anda. Jika Anda menekan tombol “Ring” akan mengubah setelan ponsel Anda dalam nada dering dengan volume maksimal selama 5 menit.

Itulah hal yang harus segera Anda lakukan setelah kehilangan ponsel, B’timers. Semoga bermanfaat. (NO)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE