Seberapa Penting Peran Gadget untuk Buah Hati? | Breaktime
Seberapa Penting Peran Gadget untuk Buah Hati?
29.01.2016

Keberadaan gadget merupakan salah satu perkembangan teknologi yang paling bisa B’timers rasakan. Tidak hanya orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak. Pasti B’timers sebagai orang tua pernah satu-dua kali atau bahkan berkali-kali memberikan gadget Anda kepada anak agar mereka tidak rewel. Tapi sebenarnya seberapa perlu, sih, anak-anak diberi gadget untuk sarana bermain?

Seberapa Penting Peran Gadget untuk Buah Hati? | Breaktime
Belajar jadi lebih menyenangkan menggunakan gadget

Profesor Mark Brown, direktur dari Pusat Pengajaran dan Pembelajaran Nasional di Massey, menjelaskan bahwa anak-anak harus mempelajari penggunaan komputer dan tablet, fungsinya untuk memudahkan dalam menyelesaikan tugas di masa mendatang. Sebagai orang tua, B’timers akan memperoleh sejumlah keuntungan dengan memberikan gadget kepada anak Anda.

Anda jadi bisa mendapatkan waktu lebih lama untuk bersantai dari teriakan anak kecil. Selain itu, Anda tidak direpotkan dengan rumah berantakan karena anak-anak B’timers cenderung bermain-main hanya bersama dengan gadgetnya.

Tanpa Anda pungkiri kegiatan hingga tugas dari sekolah cepat atau lambat akan membutuhkan bantuan gadget untuk menyelesaikannya. Sehingga mempelajarinya terlebih dahulu tentu bisa membuat satu dua langkah lebih maju daripada yang sama sekali tidak pernah menyentuh gadget. Apalagi dalam gadget didukung dengan banyak aplikasi untuk perkembangan otak dan aktivitas pembelajaran anak Anda. Tentu B’timers akan merasa terbantu dengan bantuan gadget.

Seberapa Penting Peran Gadget untuk Buah Hati? | Breaktime
Usia dini masih rentan terhadap cyber bullying

Di sisi lain Steve Jobs sempat memaparkan bahkan anak-anak dari pendiri dan orang besar di balik kesuksesan Apple Inc ternyata tidak bermain dengan gadget. Hal ini dikarenakan Steve Jobs sudah mengetahui bahaya yang mengancam dari penggunaan gadget bagi anak-anak. Terlalu banyak penggunaan teknologi pada anak membuatnya mudah terganggu dan kurang bisa fokus pada satu pekerjaan. Anak akan lebih sering gelisah bila tidak ada gadget di dekatnya.

Keberadaan penjahat seksual turut mengancam penggunaan gadget. Anak-anak merupakan sasaran empuk bagi kriminal yang mencari kepuasan dengan cara salah. Belum lagi kehadiran cyber bullying yang siap merenggut kepercayaan diri anak Anda kapan pun.

Jika bagi B’timers cyber bullying tidak ada apa-apanya, itu mungkin karena usia kita yang sudah dewasa untuk memikirkannya. Sedangkan untuk anak-anak, mereka akan merasa tertekan jika mengalami cyber bullying. Bahkan, ada sejumlah kasus yang berakhir pada tindakan bunuh diri sang anak karena tidak sanggup menahan tekanan tersebut.

Seberapa Penting Peran Gadget untuk Buah Hati? | Breaktime
Awasi penggunaan gadget pada anak Anda

B’timers mungkin bisa memberikan gadget untuk menggantikan peran Anda bagi anak-anak, namun kebersamaan dengan keluarga tetaplah penting. Jangan sampai anak Anda jadi enggan untuk bersosialisasi dengan anak seumuran lainnya, sehingga mereka tidak tahu cara bertata krama yang baik dan benar.

Penggunaan teknologi harus Anda sikapi dengan bijak, juga bersama dengan anak Anda. Bagi waktu bermain dengan menggunakan gadget dan bermain bersama keluarga dan rekan seumuran, maka tumbuh kembang buah hati Anda akan lebih seimbang dan siap menghadapi tantangan dunia di masa depan. (ft)

Share This Article