Santai, Ini Cara Aman Dari Ransomware WannaCry! | Breaktime
Santai, Ini Cara Aman Dari Ransomware WannaCry!
16.05.2017

Ransomware WannaCry sedang mengkhawatirkan para pengguna perangkat komputer di dunia. Bagaimana tidak, program ini bisa masuk secara gerilya ke komputer dan mengenkripsi data sehingga komputer terkunci dan tidak bisa digunakan. Telah banyak korban yang terserang oleh kejahatan siber yang satu ini. Sang hacker telah menyerang sebanyak 99 negara di dunia hanya dalam waktu kurang dari dua hari.

Virus ini menyerang ratusan ribu sistem komputer di dunia. Virus jahat ini menyebar melalui koneksi ke jaringan. WannaCry memanfaatkan tool cyber yang dicuri dari dinas intel Amerika Serikat pada bulan April lalu. Rahasia tersebut dibocorkan oleh sekelompok hacker bernama Shadow Broker. Tool dengan nama EternalBlue tersebut memanfaatkan celah keamanan pada sistem operasi Windows melalui remote code SMBv1.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Trik-Trik Cerdas yang Bikin Anda Jadi Food Photographer Handal

Ketika virus ini sukses terhubung dengan jaringan LAN, worm dalam WannaCry akan mencari sendiri komputer yang terhubung dan rentang untuk terinfeksi. Akibatnya seperti yang telah disebutkan bahwa komputer akan terkunci. Data yang ada di dalamnya pun tak bisa diakses. Malware hanya akan menampilkan pesan pada layar yang isinya meminta tebusan sebesar Rp 4 juta dalam bentuk mata uang virtual Bitcoin. Kerennya, transaksi tersebut tak bisa dilacak.

Lalu, bagaimana cara mencegah virus jahat yang menghebohkan dunia minggu ini? Tenang, pemerintah yang diwakili oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika telah memberikan rumus pencegahan ransomware WannaCry untuk mengamankan perangkat komputer Anda.

  • Cabut sambungan LAN dan matikan Wi-Fi komputer untuk mencegah infeksi.
  • Update security Windows dengan memasang patch MS17-010. Pengguna Windows XP disarankan untuk mengganti sistem operasi ke versi terbaru, karena OS tersebut sudah tidak bisa mendukung patch dari Microsoft.
  • Jangan mengaktifkan fungsi macros.
  • Non aktifkan fungsi SMBv1.
  • Blokir port 139/445 dan 3389.
  • Perbarui software anti-virus dan anti-ransomware.
  • Backup file penting yang ada dalam komputer Anda. Pastikan untuk backup pada storage yang tidak terkoneksi internet.
Santai, Ini Cara Aman Dari Ransomware WannaCry! | Breaktime
Ransomware WannaCry
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Simak Cara Menghilangkan Virus di Flashdisk

Nah, jadi begitulah 7 langkah pencegahan virus ransomware yang menyebalkan. Tapi, jika Anda sudah terlanjur diinfeksi, maka juga ada cara mengatasinya. Bagaimana cara membasmi virus ransomware WannaCry tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Anda harus memiliki backup data terbaru. Kemudian format dan bersihkan data pada Windows untuk memulihkan komputer Anda. Bisa juga menggunakan fitur Shadow Volume Copy Service untuk memulihkan file versi lama.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Daftar 5 Aplikasi Anti-Virus Terbaik untuk Android

Selanjutnya Anda juga bisa mengidentifikasi ransomware yang menginfeksi komputer dengan menggunakan layanan online gratis bernama ID Ransomware. Ketika sudah teridentifikasi, pastikan apakah alat dekripsi ransomware tersedia untuk jenis virus yang menyerang Anda.

Jika ransomware benar-benar memblokir akses komputer, maka Anda bisa menggunakan Kaspersky WindowsUnlocker untuk membersihkan yang terinfeksi dan Anda bisa mendapatkan akses lagi. Kalau memang tidak bisa, Anda hanya tinggal melaporkan pada otoritas penegak hukum cyber di daerah Anda. Jadi, Anda tak perlu membayar tebusan pada para hacker. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE
related img
icon maps
BALI
GUIDE