Sangar! 4 Hacker Ini Ditakuti di Seluruh Dunia | Breaktime
Sangar! 4 Hacker Ini Ditakuti di Seluruh Dunia
10.06.2017

Baru-baru ini kita semua dibuat heboh dengan keberadaan ransomware WannaCry yang tersebar secara global dan dapat menyerang komputer siapa saja. Ransomware ini pun sangat merugikan karena Ia bekerja dengan cara mengunci data korban hingga sama sekali tak dapat diakses. Kalaupun ingin membuka akses tersebut, Anda diharuskan mengirim sejumlah uang tebusan pada pihak hackerlewat mata uang Bitcoin. Beruntung ransomware ini sudah berhasil dilumpuhkan pada bulan Mei lalu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Aplikasi Android Buat Anda Jadi Hacker Handal

Namun jangan salah, B’timers. Faktanya, masih banyak ribuan hacker di luar sana yang berkeliaran dengan rentang skill dan tujuan yang berbeda-beda. Para manusia peretas ini bahkan ada yang istilahnya disokong oleh pemerintah guna membantu negara dalam membasmi kejahatan di dunia maya. Tak hanya itu, ada juga sekumpulan grup hacker yang bertugas untuk mencuri berbagai data dan rahasia kenegaraan demi kepentingan inteligensi negara lho. Wah, ngeri! Lalu apakah ada hacker kelas kakap yang sampai keberadaanya ditakuti di seluruh dunia?

Sangar! 4  Hacker Ini Ditakuti di Seluruh Dunia | Breaktime
Adrian Lamo bersama seoang aparat militer AS

Jawabannya: tentu ada! Salah satunya adalah hackeryang pernah meretas situs raksasa selevel Yahoo! , Google dan Microsoft yang bernama Adrian Lamo. Pria yang kini kemungkinan telah berumur 35 tahun ini bahkan mempunyai julukan sebagai The Homeless Hacker. Pasalnya, setiap melancarkan aksinya Adrian selalu menggunakan tempat-tempat nongkrongseperti cafe hingga perpustakaan.

Yang menjadi korban peretasan Adrian selain situs-situs raksasa juga media massa dan bahkan pihak pemerintahan. Adrian pernah menjadi hacker yang punya andil besar dalam pelaporan aksi Chelsea Manning pada pihak pemerintah AS. Namun yang membuat Adrian tertangkap adalah kasusnya ketika membeberkan data personal penulis majalah Times di tahun 2002.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Film Hacksaw Ridge

Kalau bicara soal hacker California, pasti nama Jeanson James Ancheta-lah yang paling tersohor di antara semuanya. Hacker yang mempunyai nama alias Resilient ini pernah membobol sekumpulan komputer bertajuk botnets guna mengirimkan spam ke seluruh penjuru internet.

Ia juga menggunakan sebuah worm yang dijuluki sebagai rxbot di tahun 2004 untuk tujuan mengontrol ratusan ribu komputer, termasuk komputer milik militer AS. Beruntung Jeanson berhasil diringkus pada tahun 2005. Seluruh uang yang Ia dapatkan dari aktivitas hacking-nya pun disita dan Ia juga dijatuhi hukuman kurungan selama kurang lebih 60 bulan. 

Sangar! 4  Hacker Ini Ditakuti di Seluruh Dunia | Breaktime
foto close-up sang hacker Albert Gonzalez

Nah, B’timers selanjutnya terdapat hacker dengan empat nama alias bernama Albert Gonzalez. Albert ini adalah pendiri situs Shadowcrew.com yang mana merupakan situs jual beli rekening bank curian, SIM dan passport palsu sampai akte kelahiran dan kartu insuransi palsu. Dalam kurun waktu tahun 2005-2007 saja, situs tersebut telah berhasil menjual lebih dari 170 juta kartu kredit dan debit curian hasil retasan Gonzalez dan para kroninya. Gonzales dan kru hacker-nya yang berjumlah sekitar 10 orang ini bahkan pernah mencuri 45 juta kartu kredit dan debit dari perusahaan TJX di tahun 2007. Namun pada Mei 2008, Gonzalez pun ditangkap dan dijatuhi hukuman penjara hingga 17 tahun lamanya. 

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ingin Password Aman dari Hack? Ini Caranya

Dan ternyata B’timers, aktivitas hacking ini tak mengenal yang disebut dengan batasan usia. Seorang pria bernama Jonathan James adalah contoh hacker dengan usia yang cukup belia. Yap, hacker dengan nama alias comrade ini bukan main hebatnya sebab Ia berhasil meretas situs NASA dan situs pertahanan AS di usianya yang ke-15. Hasilnya, pemerintah sempat merugi hingga 1,7 juta dollar akibat aksi remaja ini. Tragisnya lagi, Jonathan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri pada Mei 2008 karena ketakutan akan ditimpa hukuman berat oleh pemerintah AS. (kps)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE