Safety Riding Ini Trik Kendarai Matic Di Turunan | Breaktime
Safety Riding, Ini Trik Kendarai Matic Di Turunan!
13.06.2017

Sekarang ini, semakin banyak pabrik motor memproduksi motor jenis matic. Memang mengendarai motor matic terlihat mudah. Padahal sebenarnya gampang-gampang susah. Butuh beberapa teknik untuk mengendarai motor matic dengan benar dan aman. Terlebih lagi saat melewati jalan turun. Jika B’timers tidak bisa mengendalikan motor matic di jalan turunan dengan benar, bisa-bisa Anda dan motor sama-sama nyungsep.

Lalu, bagaimana teknik yang benar mengendarai dan mengendalikan motor matic saat melewati turunan? Breaktime punya jawabannya di bawah ini.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Sangar! 4 Hacker Ini Ditakuti di Seluruh Dunia

Teknik pertama adalah jangan pernah mengosongkan gas. Hal ini seringkali dilakukan oleh pengendara matic, terutama perempuan. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa motor matic memiliki sistem persneling otomatis. Jadi, tidak disarankan untuk Anda langsung mengosongkan gas saat melewati jalan turunan. Jika Anda langsung mengosongkan gas, maka persneling juga akan kosong dan laju motor matic Anda tidak terkendali. Anda hanya perlu mengurangi gas minimal hingga kecepatan 5 – 10 km/jam.

Selanjutnya Anda juga harus terus memposisikan keempat jari di kedua tangan pada masing-masing handle rem. Saat gas motor sudah berada pada kecepatan sedang atau kecil, waktunya untuk memposisikan keempat jari di masing-masing handle rem. Ini hal wajib saat melewati turunan, keempat jari harus selalu stanby pada handle rem.

Sementara itu, untuk jempol sebelah kanan standby di grip gas untuk mengatur laju motor matic Anda. Saat mencengkeram handle rem, tak perlu keras-keras. Anda bisa memegang seperlunya dan secukupnya. Kira-kira sajalah. Jika Anda terlalu kencang mencengkeram handle rem, maka motor bisa kehilangan kestabilan saat berada di turunan.

Safety Riding Ini Trik Kendarai Matic Di Turunan | Breaktime
Teknik mengendalikan motor matic di jalan turun
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Fidget Spinner? Ini Mainan Penghilang Stres Lain

Hal lain yang harus Anda perhatikan adalah handle rem mana yang harus diprioritaskan. Jadi, saat melewati jalan turun usahakan untuk menekan rem depan lebih keras, dibandingkan dengan rem belakag. Mengapa demikian? Yap, karena rem depan mampu menahan daya dorong motor ke depan yang notabene lebih besar dayanya saat berada di jalan turunan.

Lalu, bagaimana dengan rem belakang? Apakah juga berfungsi saat melewati jalan turun? Jawabannya adalah ya. Rem belakang akan tetap berfungsi saat berada di jalan turun dan fungsinya adalah sebagai penyeimbang.

Sebelum selesai melewati jalan turunan, sebaiknya juga jangan melepaskan rem tiba-tiba. Pasalnya, ketika Anda melepaskan rem saat belum selesai melewati jalan turunan, dapat mengakibatkan laju motor matic jadi tidak terkendali. Resikonya adalah Anda jadi tidak bisa mengendalikan motor dengan baik. Bahkan bisa membuat Anda terjatuh atau menabrak kendaraan di depannya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Essential Phone Siap Singkirkan S8 dan iPhone

Teknik yang terakhir adalah menggunakan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor saat melewati jalan turun yang tajam. Trik ini juga bermanfaat banget untuk dilakukan saat Anda melewati jalan turun yang tajam dan padat kendaraan. Saat keadaan seperti itu, Anda pasti harus sering berhenti. Jadi, dengan menggunakan kaki kanan, Anda bisa lebih sigap.

Teknik mengendarai dan mengendalikan motor matic di jalan turun tajam ini bisa mulai dilakukan sekarang, B’timers. Semoga bermanfaat untuk safety riding, ya! (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE