RoboCar, Robot Taksi Tanpa Pengemudi Asal Jepang | Breaktime
RoboCar, Robot Taksi Tanpa Pengemudi Asal Jepang
16.11.2015

Beberapa tahun belakangan, perkembangan dunia teknologi sangatlah pesat. Mulai dari smartphone, smartwatch, hingga robot-robot canggih terus bermunculan versi teranyarnya dari waktu ke waktu. Namun, yang paling mencengangkan adalah robot-robot dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelegent (AI). Robot-robot tersebut, tak hanya bisa memahami sebuah kondisi, tapi juga belajar dari kondisi tersebut.

Salah satu yang unik adalah RoboCar, taksii tanpa pengemudi yang bisa mengantarkan Anda dengan aman ke tempat tujuan. Kanagawa prefektur dan Robot Taxi Inc, mengumumkan bahwa mereka akan mulai melakukan uji coba taksi tanpa pengemudi pada 2016 mendatang.

RoboCar, Robot Taksi Tanpa Pengemudi Asal Jepang | Breaktime
Tertarik mencoba taksi robot tanpa pengemudi?

Dalam uji coba tersebut, Robot Taxi Inc akan memberikan kesempatan kepada 50 warga kanagawa untuk menjajal kepintaran RoboCar. 50 warga ini nantinya akan diantarkan dari rumah mereka ke toko grosir local atau supermarket terdekat.

Penyelenggara proyek bertujuan untuk menguji taksi tanpa awak berjalan sejauh tiga kilometer di jalan utama kota Kanagawa, Jepang. Meskipun disebut tanpa pengemudi, namun penyelenggara tetap menyiapkan pengemudi di dalam mobil untuk menghindari kecelakaan yang bisa saja terjadi karena kesalahan program yang diinstal pada robot.

RoboCar, Robot Taksi Tanpa Pengemudi Asal Jepang | Breaktime
Robot Taxi Inc, DeNA Co, dan ZMP Inc akan meluncurkan RoboCar pada tahun 2020

Dalam proyek ini, Robot Taxi Inc berkerja sama dengan perusahaan internet mobile DeNA Co dan pengembang teknologi kendaraan ZMP Inc. Mereka berencana untuk meluncurkan layanan taksi tanpa pengemudi pada tahun 2020 mendatang. Tak hanya untuk penduduk lokal, RoboCar juga akan memberikan layanan pada wisatawan dari luar negeri.

Meskipun banyak yang menganggap proyek ini akan gagal, namun Shinjiro Koizumi, putra mantan Perdana Menteri Junichiro Koizumi, mengatakan bahwa proyek ini selesai lebih cepat dari dugaan. Ia juga menegaskan bahwa taksi tanpa pengemudi ini merupakan proyek pemerintah untuk mempromosikan inovasi dan startup bisnis. Pemerintah Jepang juga tak mau kalah dengan Google Inc yang mulai menguji taksi tanpa awak mereka pada bulan Juli.

Tertarik untuk mencoba taksi tanpa pengemudi? B’timers harus terbang ke Jepang dulu ya! (dfr)

Share This Article