Rahasia Trik Fotografi Unik Tanpa Photoshop | Breaktime
Rahasia Trik Fotografi Unik Tanpa Photoshop
24.12.2016

Fotografi adalah hal wajib yang dilakukan saat traveling. Selain itu, fotografi juga sebagai alat untuk menangkap momen penting suatu kegiatan maupun perjalanan. Nah, untuk mendapatkan sebuah foto yang unik dan menarik, Breaktime punya rahasia trik fotografi, nih B’timers.

Misalnya saat Anda sedang berwisata ke tempat-tempat bersejarah. Cari komposisi yang pas antara bangunan unik dan bersejarah dengan cahaya matahari. Biasanya momen seperti ini bisa didapat saat pagi hari atau saat senja.

Mungkin juga Anda bisa memasukkan ikon bangunan sebuah kota ke dalam frame kamera. Ambil momen saat dimana ikon bangunan tersebut terlihat menarik. Seperti saat malam hari, biasanya akan disinari dengan cahaya-cahaya lampu.

Baca juga : EDIT FOTO SEDERHANA INSTAGRAMABLE DENGAN PHOTOSHOP

Foto dengan background gambar-gambar mural atau grafiti juga oke, lho B’timers. Anda bisa berkreasi di depan tembok-tembok grafiti. Akan lebih oke jika gaya yang Anda tunjukan bukan hanya gaya yang biasa.

Hal menarik yang bisa Anda ambil dari perjalanan Anda adalah dengan memotret warga lokal. Ini merupakan trik foto unik dan menarik yang bisa menghiasi album Instagram Anda. Foto penuh cerita dan ciri khas tempat yang Anda kunjungi.

Jika Anda punya kamera DSLR, manfaatkan untuk melakukan teknik slow speed untuk mengabadikan keramaian di malam hari. Anda membutuhkan tripod untuk melakukan trik ini dan melakukan pengaturan pada shutter speed.

Pilihan yang paling keren untuk melakukan trik fotografi slow speed ini seperti keramaian di daerah Sudirman-Thamrin, Jakarta atau Tugu Muda Semarang. Dan masih banyak tempat-tempat yang bisa dijadikan objek. Eits, jangan lupakan kota Anda sendiri ya.

Rahasia Trik Fotografi Unik Tanpa Photoshop | Breaktime
Salah satu trik panodash dengan ponsel. (Photo by Google)

Trik lain untuk mendapatkan foto yang keren, tidak harus saat Anda melakukan perjalanan traveling. Anda bisa mengamati keadaan sosial yang ada di sekitar tempat tinggal Anda. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mendapatkan foto yang penuh cerita.

Oh iya, pernahkan Anda mendapatkan foto dengan komposisi warna-warna mati atau tidak muncul. Nah, jika Anda mengalami hal yang seperti itu, buat saja fotonya menjadi hitam-putih agar lebih hidup. Warna hitam-putih tidak selamanya memberikan kesan suram. Tetapi, bisa juga memberikan kesan vintage seperti keadaan pada saat jaman dulu.

Selanjutnya Anda juga bisa memakai trik foto perspektif. Disini Anda harus berani melakukan hal-hal gila. Misalnya Anda harus rela tidur-tiduran di jalanan dengan pose seolah-olah Anda sedang berjalan. Nah. Setelah foto jadi, Anda bisa memutar foto dengan teknik rotate dan hasilnya nanti akan membuat foto Anda seolah-olah sedang berjalan.

Pada intinya Anda harus membuat foto tersebut seperti nyata padahal apa yang Anda lakukan saat pengambilan foto berbanding terbalik.

Baca juga : HAL SEPELE PENYEBAB FOTO MENJADI GAGAL INSTAGRAMABLE

Yang terakhir, apakah Anda pernah melihat foto seseorang dengan pose yang berbeda-beda dalam satu frame? Yup, foto tersebut menggunakan trik panodash. Anda pasti membayangkan kalau foto ini menggunakan fitur Photoshop. It’s totally wrong, karena trik foto ini menggunakan kamera ponsel.

Caranya gampang B’timers, Anda bisa memanfaatkan fitur panorama di ponsel Anda. Setelah itu, berdiri di posisi start. Kemudian lari ke belakang pemotret dan menuju ke bagian yang setelahnya akan difoto. Begitu seterusnya hingga selesai. Mudah, kan?

Tak perlu menggunakan Photoshop, Anda sudah bisa melakukan trik fotografi dengan ponsel atau kamera dan mendapatkan foto yang unik dan menarik. Keren banget untuk koleksi di Instagram. Selamat mencoba! (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE