Pulau Tempat Pertempuran Pasukan Sparta ? | Breaktime
Pulau Tempat Pertempuran Pasukan Sparta Ditemukan?
15.12.2015

Dunia sejarah baru-baru ini digemparkan dengan pemberitaan yang ramai di media sosial internasional. Sebuah kota dan pulau yang merupakan situs bersejarah pertempuran pasukan Spartan yang hilang 2400 tahun lalu kabarnya kini ditemukan di Turki.

Sekelompok arkeolog menemukan bukti bahwa bagian barat Provinsi Izmir, Turki, adalah pulau tersebut. Mereka percaya bahwa kota tersebut dulunya adalah kota kuno bernama Kane yang merupakan lokasi pertempuran hebat antara Sparta dan Athena pada tahun 406 SM.

Pulau Tempat Pertempuran Pasukan Sparta ? | Breaktime
Salah satu lokasi di Turki ini disebut sebagai lokasi pertempuran Sparta dan Athena

Bukti yang mereka maksud adalah tembikar, keramik dan barang-barang antik lainnya yang ditemukan di Desa Bademli yang terletak di sebuah semenanjung. Hal itulah yang membuat para arkeolog tersebut percaya bahwa kota itu adalah kota Kane, kota yang menjadi saksi pertempuran besar pasukan Sparta beribu-ribu tahun yang lalu.

Menurut geografi dan sejarah, pulau tempat kota Kane berada dulunya adalah salah satu dari 3 pulau di kepulauan Arginus. Dua di antaranya hingga sekarang masih ada dan saat ini lebih dikenal dengan nama Pulau Garip. Namun, pulau ketiga dimana Kota Kane berada dinyatakan menghilang sejak puluhan abad lamanya.

Sang pemimpin project, professor Felix Pirson, yang merupakan seorang arkeolog dari Institut Arkeologi Jerman mengatakan bahwa ia akhirnya memecahkan masalah lama tentang hilangnya kota di Yunani kuno ini.

“Selat yang terletak antara pulau ini dengan dataran tersebut (Kane) dipenuhi dengan alluvium yang kemudian membentuk semenanjung ini,” papar Felix. “Kita akan menemukan lebih banyak bukti setelah menguji sampel geologi yang ada”.

Sebagai informasi, kota kuno Kane dikenal sebagai pelabuhan strategis dan penting yang digunakan oleh orang Romawi selama perang melawan Antiochas III pada tahun 191-190 SM. Pertempuran Arginus, sebutan untuk perang  antara Spartan dan Athena pada tahun 406 SM, adalah salah satu peristiwa besar dalam 30 tahun Perang Peloponnesia yang menghancurkan Yunani kuno.

Pasukan Athena telah melakukan pelayaran ke pulau-pulau di Arginus. Mereka mendarat dan bekemah di Kane sebelum akhirnya diserang pasukan Spartan pada malam hari. Dalam pertempuran tersebut, pasukan Spartan kehilangan 75 kapal sedangkan pasukan Athena hanya kehilangan 25 kapal.

Penemuan terbaru itu tentu saja membantu para arkeolog dalam memecahkan misteri sejarah ini. Tak hanya itu, jika memang benar provinsi Izmir adalah bagian dari kota Kane, maka mungkin saja senjata-senjata kuno maupun artefak kuno masih tertimbun di tanah yang tentunya sangat bermanfaat sebagai bukti sejarah. (nap)

Share This Article