Project Tango Kolaborasi Hebat Lenovo dan Google | Breaktime
Project Tango, Kolaborasi Hebat Lenovo dan Google
11.01.2016

B’timers, penasaran tidak sih, bagaimana rasanya memiliki hewan peliharaan berbentuk Augmented Reality (AR)? Nah, jika penasaran, ini artinya Anda harus mencoba salah satu fitur yang disediakan oleh Project Tango. Tapi, apa itu Project Tango?

Project Tango, sebenarnya merupakan salah satu teknologi terbaru yang dimiliki oleh Google. Teknologi ini memungkinkan smartphone untuk memahami ruang dan gerakan di dunia nyata. Berkolaborasi dengan perusahaan komputer dan smartphone Lenovo, Google merilis Tablet Development Kit yang telah memiliki fitur Project Tango.

Project Tango Kolaborasi Hebat Lenovo dan Google | Breaktime
Kombinasi 3D motion tracking dan kedalaman penginderaan

Perangkat mobile pertama yang ditanami Project Tango ini didukung oleh prosesor Qualcomm Snapdragon dan memungkinkan pengguna untuk mengubah layar menjadi sebuah jendela untuk mengirim informasi dan objek digital ke dunia nyata.

Fitur utama yang diusung oleh Project Tango adalah kombinasi 3D motion tracking dan kedalaman penginderaan, yang memungkinkan perangkat memiliki kemampuan untuk mengetahui di mana itu berada dan bagaimana bergerak dalam ruangan. Sensor yang ditanamkan dalam perangkat Project Tango akan menangkap dimensi ruangan 3D, kemudian menggunakan teknologi penginderaan gerakan untuk bereaksi terhadap gerakan yang dilakukan pengguna, seperti gerakan maju atau mundur.

Project Tango Kolaborasi Hebat Lenovo dan Google | Breaktime
Inovasi terbaru yang dihasirkan Project Tango

Fitur tersebut, pada akhirnya memungkinkan pengguna untuk menikmati teknologi Augmented Reality berupa hewan peliharaan digital. Pengukuran menggunakan perangkat mobile, serta Indoor Wayfinding untuk menemukan jalan ketika berada dalam ruangan.

Selain untuk pengguna perangkat mobile, Tablet Development Kit dengan fitur Project Tango juga dihadirkan untuk para developer agar dapat mengembangkan aplikasi baru dan mengunggahnya ke Play Store. Oleh karena itu, kolaborasi hebat ini juga didukung oleh Google+, GitHub, Stack Overflow, dan Youtube untuk memudahkan developer untuk berkomunikasi.

Tablet Development Kit kolaborasi Google dan Lenovo ini, pertama kali diluncurkan dalam Consumer Electronics Show di Las vegas. Untuk mendapatkannya, Anda harus menyiapkan budget sebesar $512 atau sekitar Rp 7 juta-an rupiah saja. Berminat untuk menikmati fitur canggih Project Tango, B’timers? (dfr)

Share This Article