Ponsel Lipat Favorit di Jepang, Kenapa Ya? | Breaktime
Ponsel Lipat Favorit di Jepang, Kenapa Ya?
25.08.2016

Ketika Anda menonton film-film Jepang pastinya seringkali melihat adegan tokoh yang sedang menelepon dengan menggunakan ponsel lipat atau flip yang mungkin menurut Anda sangat kuno. Tetapi tahukah Anda bahwa sebenarnya pada kenyataannya masyarakat Jepang hingga saat ini mayoritas menggunakan ponsel lipat kuno tersebut.

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa masyarakat Jepang yang hidup di negara maju justru lebih memilih ponsel lipat jadul ketimbang kecanggihan smartphone. Anda tak perlu terlalu penasaran karena sebuah penelitian oleh MM Research Institute mengungkapkan bahwa, masyarakat Jepang yang hidup di negara modern dan maju ternyata memang lebih suka dengan ponsel lipat dibandingkan dengan smartphone.

Produksi ponsel lipat di Jepang meningkat pesat pada tahun 2014 dan diiringi dengan menurunnya jumlah pengapalan smartphone. Unik sekali, ya! Saat dimana semua negara berlomba memasarkan smartphone, Jepang justru tidak tertarik sama sekali dengan kecanggihan ponsel pintar.

Ponsel Lipat Favorit di Jepang, Kenapa Ya? | Breaktime
Produksi ponsel lipat di Jepang meningkat

Ternyata hal ini dikarenakan tingginya harga smartphone di Jepang. Sedangkan ponsel flip yang telah ditambah dengan sejumlah fitur yang lebih oke, dijual dengan harga yang sangat terjangkau di pasaran. Selain karena harga smartphone yang menjulang tinggi, tarif langganan data internet di Jepang ternyata juga sangat mahal.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan yang masih memproduksi ponsel lipat seperti Panasonic dan NEC. Mereka mundur dari persaingan produksi smartphone dan lebih memfokuskan untuk mengembangkan ponsel lipat di Jepang.

Tahukah Anda bahwa beberapa produk ponsel lipat di Jepang ternyata juga memiliki kecanggihan yang tidak dimiliki oleh ponsel pintar. Ada beberapa tombol menu yang terdapat di atas keypad yang berfungsi sebagai tombol navigasi, shortcut, dan tombol konfirmasi. Ada juga beberapa ponsel lipat yang mampu menulis email dan pesan singkat hanya dengan merasakan keypad-nya saja.

Jadi itulah alasan kenapa masyarakat Jepang lebih memilih ponsel lipat atau flip. Kira-kira jika Indonesia menerapkan hal yang sama bisa atau tidak, ya? (vpd)  

Share This Article