Plumbago, Aplikasi Keren Baru yang Wajib Anda Coba!
Plumbago, Aplikasi Keren Baru yang Wajib Anda Coba!
25.02.2016

Mungkin selama ini Anda membuat catatan pribadi yang berisikan coretan-coretan rahasia di dalam sebuah buku bukan? Nah, seiring berkembangnya zaman, teknologi menjadi semakin maju B'timers. Perkembangan tersebut juga terjadi pada buku yang mungkin sering dijadikan coretan-coretan itu.

Plumbago, sebuah aplikasi khusus yang diciptakan oleh Microsoft untuk digunakan pada tablet yang memiliki sistem operasi Windows 10. Fungsinya sama dengan notebook yaitu sebagai media penyimpan tulisan, di sini gambar apapun bisa disimpan sebagai kreasi Anda. Membuat sebuah buku digital dengan beragam tools yang bisa dimanfaatkan mungkin akan sangat membantu Anda, B'timers.

Cara menggunakan Plumbago sendiri cukup mudah B'timers. Untuk mengaktifkannya, Anda hanya harus membuka aplikasinya lalu membuat sebuah notebook. Setiap notebook memiliki default setting 25 lembar yang juga bisa Anda tambah sendiri. Setelah itu Anda bisa memilih warna cover dan menamainya.

Kemudian langkah selanjutnya adalah mulai menggunakan Plumbago. Di lembar kerja Plumbago Anda bisa mulai menulis atau menggambar di sana. Di sudut kanan disediakan sebuah lingkaran yang berisikan beberapa tool seperti Lasso, penghapus, pensil, pewarna dan lingkaran warna.

Lalu bagaimana Anda membuat tulisan di sana? Untuk menulis di Plumbago Anda bisa menggunakan alat tambahan yang disediakan oleh microsoft berupa pensil digital bernama Stylus pen. Stylus ini akan membuat Anda bebas menulis dengan ekspresi Anda. Bahkan Anda bisa menggambar sesuai keinginan sendiri.

Selain menggunakan stylus, Anda juga bisa menggunakan mouse sebagai pensil di tablet. Namun perlu dicatat bahwa hasil pengerjaan menggunakan mouse mungkin tidak akan sebagus stylus. Meskipun hasil keduanya berbeda, akan tetapi tiap lembar Plumbago memiliki ciri khas yang sama, yaitu milik Anda.

Selain bisa menulis dan menggambar, Anda juga bisa melakukan clipping photo dengan cara menyeret salah satu foto di folder kemudian tempelkan di lembar Plumbago. Apabila Anda sudah selesai dengan semua kegiatan tersebut, tekan save maka data akan secara otomatis tersimpan di tablet Anda.

Cukup menarik bukan? Anda bisa menggunakan Plumbago kapanpun dan perlu Anda ketahui bahwa aplikasi buatan Microsoft ini gratis, jadi Anda bisa mendownload langsung di website resminya. Selamat mencoba B'timers. (wsu)

Share This Article