Planet GJ1132b: Super Earth Dikelilingi Atmosfer | Breaktime
Planet GJ1132b: Super Earth Dikelilingi Atmosfer
29.05.2017

Dunia alien yang dikenal sebagai Super Earth mungkin dikatakan memiliki kemiripan dengan planet di mana kita tinggal saat ini, B’timers. Setidaknya itulah yang diambil dari kesimpulan penelitian terbaru tentang Bumi Super yang baru-baru ini penemuannya menggegerkan dunia.

Bumi Super memiliki ukuran yang sedikit lebih besar daripada Bumi. Ini mungkin merupakan hal yang sangat mungkin terjadi di seluruh Galaksi Bima Sakti. Dengan gravitasi yang mereka miliki, ilmuwan pun menduga planet ini memiliki sumber air yang besar.

Menurut sebuah model terbaru yang mereka ciptakan sebagai bahan pembanding planet yang baru saja ditemukan ini, para ilmuwan menduga Super Earth ini menyimpan sebagian besar airnya di permukaan serta memberikan kesempatan untuk benua dan samudera terbuka dan dapat menciptakan iklim stabil.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Plomo: Aplikasi Wajib Instal Bagi Pecinta Gratis

“Iklim yang ada di planet ini diperkirakan hampir sama dengan Bumi. Hal ini bukan hanya karena adanya air cair yang ditemukan, tetapi juga termasuk benua yang terpapar oleh air tersebut,” ujar salah seorang peneliti, Nicholas Cowan dari Northwestern University.

Planet GJ1132b: Super Earth Dikelilingi Atmosfer | Breaktime
Planet dengan atmosfer ditemukan!

Super Bumi yang ditemukan berada pada jarak sekitar 2 kali radius Bumi, kemungkinannya memiliki 10 kali massa dan 10 kali jumlah air yang bisa ditemukan di Planet Bumi, B’timers. Tentu saja Super Earth ini akan memiliki 3 kali gravitasi yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan Bumi.

Para ilmuwan mengatakan bahwa mereka baru-baru ini  mendeteksi adanya atmosfer yang mengelilingi disekitar planet yang memiliki ukuran seperti Bumi untuk pertama kalinya. Planet ini tentu semakin kuat digadang-gadang menjadi tujuan umat manusia di masa mendatang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Apa yang Membuat Fidget Spinner Begitu Booming?

Berdasarkan penelitian yang telah mereka lakukan untuk mempelajari dunia yang dikelan dengan nama GJ1132b ini berjarak sekitar 39 tahun cahaya jauhnya dari planet yang ditinggali oleh manusia untuk saat ini. Berdasarkan pengamatan mereka Super Earth diselimuti lapisan tebal gas yang berupa air.

Campuran gas di dalam lapisan tersebut diperkirakan berupa metana, ataupun kemungkinan merupakan hasil campuran daru metana dan air, B’timers. Penelitian yang menggemparkan ini dipublikasikan dalam The Astronomical Journal.

Planet GJ1132b: Super Earth Dikelilingi Atmosfer | Breaktime
Ukurannya lebih besar daripada Bumi kita

Setelah menemukan atmosfer dan sekaligus berhasil mencirikannya, ini semua adalah langkah terdepan yang paling penting dalam berburu kehidupan di luar Tata Surya kita selama ini, B’timers. Namun yang perlu diingat adalah planet ini masih tidak layak huni dengan suhu permukaan mencapai 37 derajad C!

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Penasaran, Ini Cara Cek Harga Sebuah Situs!

John Southworth, pemimpin peneliti dari Keele University mengungkapkan, suhu terpanas yang masih dapat diterima manusia dan makhluk hidup lainnya untuk tetap bertahan hidup di Bumi adalah sekitar 120 derajad C. Dan suhu itu masih jauh lebih sejuk dibandingkan suhu yang ada di planet tersebut.

Penemuan GJ1132b ini pertama kali diumumkan pada tahun 2015 yang lalu. Terletak di rasi Vera yang ada di belahan bumi bagian selatan, B’timers. Meskipun memiliki ukuran yang hampir serupa dengan Bumi. Namun bintang orbitnya jauh lebih kecil, lebih dingin dan redup dibanding dengan Matahari kita.

Bumi Super ini ditemukan dengan menggunakan teleskop di Observatorium Selatan Eropa di Cile. Para periset dapat mempelajari planet ini dengan melihat bagaimana jalur orbit menghalangi sebagian dari cahaya bintang induknya saat melintas di hadapannya.

Wah, dengan penemuan besar ini, mungkinkan masih ada sumber kehidupan lain yang berada di luar galaksi kita ini, B’timers? Atau apakah mungkin manusia dapat pindah ke tempat baru di luar sana? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE