Pilih Mana, Prosesor AMD Zen vs Intel Kaby Lake? | Breaktime
Pilih Mana, Prosesor AMD Zen vs Intel Kaby Lake?
30.10.2016

Berita mengenai peluncuran prosesor desktop terbaru milik Intel akhir tahun ini menjadi perbincangan di banyak media, B’timers. Sementara itu saingannya menyatakan awal 2017 sebagai waktu peluncuran AMD Zen pertama. Intel dengan Kaby Lake-nya, sedangkan AMD dengan Summit Ridge. Nah, untuk itu, sebaiknya pilih mana, prosesor AMD Zen vs Intel Kaby Lake, ya, B’timers?

Pilih Mana, Prosesor AMD Zen vs Intel Kaby Lake? | Breaktime
Saingan Intel dengan prosesor terbarunya

AMD Zen

Summit Ridge merupakan prosesor baru AMD dengan arsitektur Zen terbaru. Selain itu diberitakan akan kompatibel dengan socket AM4. Summit Ridge menggunakan process node 14nm dan juga mendukung RAM DDR4, B’timers. Diketahui bahwa Bristol Ridge sebagai batu loncatan yang digunakan AMD dalam memperkenalkan socket AM4.

Namun jika diminta memilih prosesor AMD Zen vs Intel Kaby Lake, yang perlu diketahui adalah, bahwa Zen merupakan arsitektur generasi baru AMD yang memiliki 8 core. Dan hal ini berarti prosesor tersebut memiliki konsumsi daya yang lebih hemat, yaitu hanya 95 watt saja, B’timers. Prosesor Summit Ridge hadir bersama platform bernama AM4.

Baca juga : DAFTAR SMARTPHONE KUALITAS BAGUS & HARGA MURAH

Pilih Mana, Prosesor AMD Zen vs Intel Kaby Lake? | Breaktime
Kaby Lake masih dengan socket LGA 1151

Intel Kaby Lake

Di sisi lain, Intel ternyata tak ingin kalah dengan prosesor baru yang menggunakan process node 14nm yaitu Kaby Lake, B’timers. Sayangnya prosesor tersebut tidak hadir dengan socket baru. Kaby Lake tetap menggunakan socket LGA 1151. Sama dengan Skylake. Namun bedanya, Kaby Lake didukung codec HEVC 10-bit, Thunderbolt 3, HDCP 2.2 dan USB type-C.

Kaby Lake dianugerahi pengolah grafis terintegrasi (GPU) yang jauh lebih bertenaga jika dibandingkan dengan milik prosesor generasi sebelumnya. Ketika didemonstrasikan, Kaby Lake sanggup menjalankan game FPS online populer Overwatch tanpa perlu menggunakan bantuan kartu grafis tambahan. Dengan Kaby Lake, Intel mengklaim pemilik laptop apapun bakal bisa menikmati konten video resolusi tinggi.

Nah, untuk Anda, lebih memilih yang mana jika AMD Zen vs Intel Kaby Lake, B’timers? (NO)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE